Pemerintah Kota Payakumbuh Menggelar Salat Idul Fitri di Balai Kota

Pemerintah Kota Payakumbuh Menggelar Salat Idul Fitri di Balai Kota
Pemerintah Kota Payakumbuh Menggelar Salat Idul Fitri di Balai Kota

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Payakumbuh kembali melaksanakan Salat Idulfitri 1445 Hijriah secara berjamaah di Halaman Balai Kota Payakumbuh, yang terletak di Kelurahan Kapalo Koto Dibalai, Kecamatan Payakumbuh Utara.

Efrizal, Kabag Kesra Setdako Payakumbuh, menyatakan bahwa Salat Idulfitri direncanakan akan dimulai paling lambat pukul 07.30 WIB, dengan persiapan selesai pada pukul 07.00.

“Efektif pukul 07.30 WIB, rangkaian ibadah sudah dimulai,” ujar Efrizal kepada media di Payakumbuh pada Senin, 08 April 2024.

Bacaan Lainnya

Menurut Eri, panggilan akrabnya, pelaksanaan Salat Idulfitri tahun ini diperkirakan akan dilakukan pada Rabu, 10 April 2024.

Namun, kepastian akan mengikuti kebijakan pemerintah pusat yang akan melakukan pengamatan hilal pada Selasa, 09 April 2024.

Dr. Syar’i bin Sumin, MA, Dosen Universitas Andalas (Unand) Padang, ditunjuk sebagai Imam dan khatib Salat Idulfitri 1445 H di Halaman Balai Kota Payakumbuh.

Jika terjadi kondisi tak terduga seperti hujan, salat akan dipindahkan ke Masjid Taqwa Kelurahan Parak Batuang.

Kabag Kesra menjelaskan bahwa persiapan untuk salat hari raya sudah dilakukan, termasuk penyediaan karpet di halaman Balai Kota Payakumbuh.

Namun, jamaah tetap diminta membawa perlengkapan salat masing-masing untuk kenyamanan dan khusyuk dalam ibadah.

Masyarakat yang akan salat di halaman Balai Kota Payakumbuh diimbau untuk tidak membawa koran, plastik, atau barang lain yang dapat meningkatkan produksi sampah.

“Sesuai arahan Pj. Wali Kota Payakumbuh, kami mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan setelah salat Idulfitri dengan tidak membuang sampah sembarangan, melainkan membuangnya ke tempat yang telah disediakan,” tambahnya.

(Ton)

Pos terkait