Padang Perkenalkan ‘Blue Line Tsunami Save Zone’ untuk Menghadapi HKBN 2024

Padang Memperkenalkan 'Blue Line Tsunami Save Zone' untuk Menghadapi HKBN 2024

TOPSUMBAR – Kota Padang telah ditunjuk sebagai kota pelaksana peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2024.

Dalam persiapan menghadapi acara tersebut, Padang fokus mengenalkan implementasi ‘Blue Line Tsunami Save Zone’, sebuah konsep untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman tsunami.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, menjelaskan bahwa Kota Padang menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan zona aman tsunami.

Bacaan Lainnya

Saat ini, zona aman tsunami menjadi acuan bagi masyarakat Kota Padang ketika menyelamatkan diri dalam situasi bencana gempa.

“Pada peringatan HKBN tahun ini, Kota Padang fokus pada sosialisasi dan implementasi ‘Blue Line Tsunami Save Zone’,” ujar Sekda pada Rapat Persiapan HKBN Tahun 2024 di Balaikota Padang, Selasa 2 April 2024.

Saat ini, hampir di setiap jalur arah Timur Kota Padang telah dibuat ‘Blue Line Tsunami Save Zone’.

Garis tersebut menjadi panduan bagi masyarakat ketika melakukan evakuasi diri ketika terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

Selain itu, dalam rapat tersebut juga dibahas tentang kesiapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemerintah Kota Padang dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami.

Setiap OPD diminta untuk menyusun dan menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bencana.

“Kita minta setiap OPD segera menyiapkan SOP bencana, sehingga ketika terjadi bencana, semua warga dapat menyelamatkan diri ke tempat yang telah ditetapkan sesuai SOP yang ada,” ucap Asisten I Setdako, Edi Hasymi.

Peringatan HKBN Tahun 2024 ini akan dipusatkan di Kota Padang. Jika tidak ada halangan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 26 April 2024 mendatang.

Kegiatan akan difokuskan di Gedung Youth Center dan Pantai Padang.

“Saat ini kita sedang menyiapkan diri untuk memastikan kesuksesan kegiatan tersebut,” pungkas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait