Orasi Ilmiah Walikota Bukittinggi Semarakkan Wisuda ke-134 UNP

TOPSUMBAR – Orasi ilmiah dari Walikota Bukittinggi, Erman Safar semarakkan wisuda ke-134 Universitas Negeri Padang (UNP) pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Wisuda tersebut digelar selama dua hari berturut-turut pada 30-31 Maret 2024 di Auditorium UNP Kampus Air Tawar Padang.

Dalam acara tersebut, sebanyak 2.329 lulusan meraih gelar akademik, dengan 1.164 lulusan di hari pertama dan 1.165 di hari kedua.

Bacaan Lainnya

Walikota Erman Safar dalam orasinya menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi kreatif di tengah kondisi Sumatera Barat yang tidak selalu ramah bagi pencari kerja.

“Kemandirian dalam berusaha mandiri merupakan pilihan yang tepat,” ungkap Erman Safar.

Sementara itu, Rektor UNP, Prof. Ganefri, dalam pidatonya pada Sabtu, menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan atas prestasi akademik yang telah diraih.

Prof. Ganefri menekankan peran UNP dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045, khususnya di Provinsi Sumatera Barat, sebagai salah satu lumbung pemikir dan cendekiawan nasional.

“UNP memegang peran yang sangat penting dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyambut Indonesia Emas 2045,” uccapnya.

Lebih lanjut, Prof. Ganefri menyampaikan pencapaian dinamis dalam bidang pendidikan di Provinsi Sumatera Barat, seperti tingkat melek huruf yang mencapai 99,71% pada tahun 2023.

Angka Putus Sekolah rendah hanya sebesar 1,78% pada tahun 2022, dan Angka Partisipasi Sekolah yang tinggi mencapai 84,33%, yang menunjukkan potensi SDM yang unggul.

Selain itu, dalam acara tersebut, UNP juga menandatangani MoU dengan Kota Bukittinggi. Serta menyerahkan empat Surat Keputusan (SK) Program Studi Baru kepada dekan-dekan fakultas terkait.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua dan Sekretaris Majelis Wali Amanat, Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, serta para pimpinan unit-unit di UNP.

Dengan demikian, UNP kembali menorehkan prestasi dengan menghasilkan lulusan berkualitas, siap kerja, dan berkontribusi positif pada masyarakat Sumatera Barat.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait