Bupati Buka Musrenbang RKPD Lima Puluh Kota Tahun 2025, Fokus pada Pembangunan Daerah

Bupati Buka Musrenbang RKPD Lima Puluh Kota Tahun 2025, Fokus pada Pembangunan Daerah

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2025.

Acara ini diadakan di Aula Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan (BP3K), Tanjung Pati pada Senin, 22 April 2024.

Pada Musrenbang tersebut, mengusung tema “Akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, didukung SDM, pelayanan publik, dan infrastruktur daerah yang berkualitas”.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Safaruddin menegaskan komitmen untuk tetap mengarah pada agenda prioritas pembangunan daerah yang telah ditetapkan.

Penetapan tersebut berdasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 3 tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2021-2026.

Sedangkan Visi daerah berfokus pada “Mewujudkan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat, dan Berbudaya dalam Kerangka Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.

Visi tersebut akan dicapai melalui lima misi yang dijabarkan dalam lima agenda prioritas pembangunan daerah. Agenda prioritas pembangunan daerah tersebut mencakup:

  1. Pembangunan Masyarakat Madani: Telah dilaksanakan melalui berbagai kegiatan seperti pembangunan rumah tahfidz, penambahan muatan lokal Alqur’an dan adat budaya dalam kurikulum pendidikan. Kemudian melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk pemberian asuransi ketenagakerjaan bagi gharim dan guru TPA, serta pengangkatan guru agama SD dan SMP melalui PPPK.
  2. Peningkatan Pembangunan Infrastruktur: Fokus pada perbaikan ruas jalan dan penataan kawasan tertentu, termasuk perbaikan ruas jalan Solok Bio-Bio dan Simpang 4 Lubuak Batingkok.
  3. Pariwisata dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat: Akan dilakukan penataan Kawasan Harau tahun 2025 untuk mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat setempat.
  4. Pengembangan Pertanian dan Perikanan Menuju Agribisnis: Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian dan perikanan, upaya akan difokuskan untuk memajukan agribisnis di daerah tersebut.
  5. Terakhir, Peningkatan Pembangunan IKK Sarilamak: Termasuk pembangunan RSUD tahun 2025, pembangunan Islamic Center, dan renovasi pasar Sarilamak untuk memajukan potensi wilayah tersebut.

Camat Harau, Jeki Mardonal, berharap agar agenda prioritas pembangunan daerah dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Pentingnya pendekatan bottom-up dalam proses penyusunan RKPD, di mana Musrenbang di tingkat kecamatan memainkan peran penting,” ujarnya.

“Saya berharap semua pihak dapat memberikan kontribusi yang baik serta optimal dalam mewujudkan cita-cita kita bersama,” pungkasnya.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Herman Azmar, Anggota DPRD Provinsi Sumbar Hj. Aida, SH, serta berbagai unsur pemerintah dan tokoh masyarakat setempat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait