BPJS Kesehatan dan Dinkes Bukittinggi Siap Melayani Masyarakat Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H

BPJS Kesehatan dan Dinkes Bukittinggi Siap Melayani Masyarakat Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H

TOPSUMBAR – Menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H, BPJS Kesehatan dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bukittinggi telah menyiapkan program dan strategi untuk tetap melayani masyarakat selama periode libur.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bukittinggi, Haris Prayudi, menegaskan komitmen pihaknya untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mengakses pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Selama periode libur 8-15 April 2024, peserta yang berada di luar wilayah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tempatnya terdaftar dapat mengakses pelayanan rawat jalan di FKTP lain, dengan batasan tiga kali kunjungan dalam waktu satu bulan.

Bacaan Lainnya

“Program JKN tidak hanya berlaku saat libur Lebaran, tetapi setiap saat. Semua peserta berhak mendapatkan layanan kesehatan di mana pun mereka berada, dengan menyampaikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada petugas kesehatan di FKTP tingkat pertama. Tidak ada keharusan membawa kartu BPJS, dan kami menegaskan bahwa tidak ada pembatasan hari rawat bagi peserta BPJS,” ujar Haris pada Senin, 1 April 2024.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan kemudahan dalam pelayanan administrasi JKN selama libur lebaran, melalui layanan informasi PANDAWA, aplikasi mobile JKN, VIKA yang terkoneksi dengan care center 165, BPJS SATU, care center 165, website resmi bpjskesehatan.go.id, dan CHIKA.

Haris juga mengingatkan peserta untuk memastikan keaktifan kepesertaan JKN keluarga mereka, serta mengecek tanggal kadaluwarsa surat rujukan bagi peserta yang rutin mengakses layanan kesehatan di rumah sakit.
“Tetap jaga kesehatan selama bulan puasa dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan membatasi konsumsi makanan tinggi gula, serta meningkatkan asupan air putih,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Bukittinggi, Linda Faroza, menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyiapkan berbagai strategi untuk menyambut libur Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan posko kesehatan yang tersebar di beberapa lokasi strategis untuk melayani masyarakat, pemudik, dan pengunjung.

“Kami telah menyiapkan fasilitas kesehatan serta tenaga kesehatan yang siap standby, termasuk 6 rumah sakit, 7 puskesmas, dan layanan ambulans siaga 24 jam dengan nomor telepon 085103012113. Selama periode libur, terdapat 5 pos pelayanan kesehatan terpadu dan 13 fasilitas kesehatan yang siap melayani,” ungkap Linda.

Posko kesehatan tersebar di Jam Gadang, Simpang Tugu Polwan, Terminal Aur Kuning, TMSBK, dan Taman Panorama dengan jadwal aktivitas yang telah ditetapkan.

“Kami menyediakan layanan ambulans gratis 24 jam untuk mengantar dan menjemput pasien gawat darurat. Serta berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dengan jumlah personil sebanyak 21 orang,” pungkasnya.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait