Berkah Ramadhan, Nuzul Quran semarakan Masjid Al-Falah Muarokalaban Sawahlunto

Berkah Ramadhan, Nuzul Quran semarakan Masjid Al-Falah Muarokalaban Sawahlunto

TOPSUMBAR – Pada penghujung 10 hari terakhir puasa Ramadan 1445 H, Masjid Al-Falah disemarakan dengan kegiatan sakral keagamaan “Nuzul Quran”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh para santriwan/ti dari sebelas rumah ibadah, Masjid dan Mushalla yang ada di Desa Muarakalaban.

Acara puncak Nuzul Quran tersebut berlangsung pada Kamis malam, 4 April 2024.

Bacaan Lainnya

Zarni selaku Ketua Pelaksana Nuzul Quran 1445 H / 2024 M, didampingi oleh Yuli Alfitri, Sekretaris dan Wirna, Bendahara, serta Riko Mailendri, Koordinator Pelaksana dibantu oleh para Kepala Dusun sebagai anggota.

Kegiatan ini mencakup 4 (empat) jenis lomba yakni, Tilawah kelompok umur 7 tahun pa/pi, makraq bebas ditambah 2 surat pendek bebas.

Selanjutnya, Tilawah anak-anak maksimal 12 tahun pa/pi, Lomba adzan pria umur maksimal 15 tahun. Fahmil Quran per group, satu group 3 orang bebas dan umur maksimal 18 tahun.

Kegiatan ini telah berlangsung sejak Senin 1 April 2024 dan acara puncak Kamis malam, 4 April 2024.

Pada acara puncak tersebut, turut berlangsung pengumuman para juara perlombaan, penyerahan trophy, serta pemberian hadiah, dan diakhiri dengan acara penutupan.

Dari 6 Dusun yang mengikuti perlombaan tersebut, Dusun Sawah Tambang memperoleh juara Umum dan berhak memboyong Trophy tetap dan bergilir serta dana pembinaan dari Panitia.

Berikut nama pemenang pada ajang perlombaan tersebut:

  1. Kelompok Tilawah Anak-Anak Putra:
    Juara 1 = Habib,
    Juara 2 = Fathur,
    dan Juara = 3 Yudha.
  2. Kelompok Tilawah Anak-Anak Putri:
    Juara 1 = Gisca Afdelia Putri,
    Juara 2 = Fajriyah,
    dan Juara 3 = Fahirah.
  3. Lomba Adzan:
    Juara 1 = Valen,
    Juara 2 = Haris
    dan Juara 3 = Zikri Akbar.
  4. Fahmil Quran:
    Juara 1 = Rafi Cs,
    Juara 2 = Laila Cs,
    dan Juara 3 = Nabil Cs.
  5. Tilawah Kanak-Kanak Putra:
    Juara 1 = Sachio (Sawah Taratak),
    Juara 2 = Athar (Sawah Tambang),
    dan juara 3 = Azka (Sawah Tambang).
  6. Tilawah Kanak-Kanak Putri:
    Juara 1 = Azalea (Sawah Tambang),
    Juara 2 = Qiran (Sungai Loban),
    dan Juara 3 = Aretha (Sawah Taratak).

Sabaruddin selaku Ketua Masjid Al-Falah Desa Muarokalaban, memfasilitasi Masjid tersebut sebagai tempat pelaksanaan peringatan Nuzul Quran.

Kegiatan ini melibatkan Sekretaris yakni, Sheldra Yosef, Yohana, serta Miswar. Kemudian Wakil Sekretaris dan Bendahara Masjid.

Turut Yuriswan Kepala Desa Muarokalaban, unsur Ninik Mamak, Yusli Rain (penghulu suku Supanjang) Maidirson(Datuak Kampuang) Tokoh Agama, Tokoh masyarakat Adat dan Agama, Bundo kanduang dan Forkoimca Kec. Silungkang.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait