Tim 02 SR Kota Sawahlunto bertemu Tim Badlan Pengajar Bahasa Arab di Masjid Ij’tihad Sikalang

Tim 02 SR Kota Sawahlunto bertemu Tim Badlan Pengajar Bahasa Arab di Masjid Ij'tihad Sikalang

TOPSUMBAR – Misi kunjungan malam terakhir Tim 02 SR kota Sawahlunto berlangsung di Masjid Ij’tihad Desa Sikalang Kecamatan Talawi pada Selasa malam, 19 Maret 2024.

Tim 02 dikomandoi oleh Irzam, K, Asisten I Pemko Sawahlunto selaku wakil ketua. Didampingi oleh Zainal Asri (mubaligh) serta anggota Ikram Abdul Haris, Bet Mukhardi.

Kemudian Helmi Surya, Emyusri Agus (pengganti Sekretaris Tim 02) dan 1 orang awak media hadir pada kegiatan tersebut.

Bacaan Lainnya

Selesai sholat tarawih, Irzam, K berpidato menyampaikan pesan-pesan tentang perkembangan dan pembangunan kota Sawahlunto serta program kedepan.

Kemudian ceramah agama oleh ustadz yang cukup kondang dan populer bagi masyarakat kota ini khususnya yakni, Zainal Asri.

Ia memaparkan materi lebih dominan tentang seluk beluk dana BAZNas serta peruntukannya, karena beliau selaku wakil ketua di BAZNas kota Sawahlunto.

Tim 02 SR kota juga didampingi oleh Sugioto (ketua Masjid) Lambang Wicaksono (Kades Sikalang) dan Ucak Ferdian (Camat Talawi).

Selain itu, Masjid Ij’tihad dihadiri oleh Tim Daurah bahasa Arab metode Badlan Al-Mukhlasin yang berpusat di Pekanbaru (Riau) di prakarsai oleh Ustadz M. Aqil, putra Sikalang.

Kepada jamaah Masjid Ij’tihad, Ust. Aqil menyampaikan bahwa Tim Badlan terdiri dari, Ustadz Abdul Halim, Ustadz Wahyu Romadhon, Ustadz Rizki Fitra dan Ustadz Aulia Rahman yang ke empat ustadz tersebut berasal dari Pekanbaru.

“Tujuan Tim Badlan datang ke Sawahlunto saat ini dalam rangka Bersafari Bahasa Arab, yang dipusatkan di Dusun Bukit Sibanta Desa Sikalang Kecamatan Talawi,” ujarnya.

“Tim Badlan juga melawat ke daerah Padang, Pariaman dan Padang panjang,” tutur Aqil.

Bagi masyarakat yang berminat mempelajari bahasa Arab untuk non muqim orang tua, anak sekolah dan karyawan dengan pembelajaran dua kali seminggu, dibimbing langsung oleh alumni Badlan.

Target dalam waktu dua bulan, bisa aktif berbicara bahasa Arab, hafal kosakata yang sering digunakan, hafal ungkapan penting dlm sehari-hari.

Kemudian paham koidah dasar dalam bahasa fushha dan bisa berhitung sampai miliaran.

Irzam, K, Pimpinan Tim 02 SR yang merupakan Asisten I Pemko Sawahlunto, merasa tertarik atas kehadiran Tim Badlan.

“Rasa merasa ingin untuk menambah kualitas dan kuantitas bagi para guru-guru dari 55 rumah tahfiz yang ada di Sawahlunto, ucap Irzam. Mudah-mudahan nanti dapat dilaksanakan proses belajar mengajar dengan berbahasa Arab yang fasih,” harapnya.

Sebagai pemerakarsa kegiatan ini Aqil menghimbau warga masyarakatnya maupun kelompok/ komunitas yang ingin mengikuti belajar bahasa Arab silahkan hubungi kontak person Ustadz Muhammad Aqil, 082169106622.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait