Tim 02 SR Kota Lakukan Kunjungan Perdana ke Masjid Quba Durian II Sawahlunto

Tim.02 SR kota Swl, di Masjid Quba Kel. Durian II, Senin, 18 Maret 2024.

TOPSUMBAR – Tim Safari Ramadan (TSR) 02 Kota Sawahlunto melakukan kunjungan perdananya di Masjid Quba Durian II Sawahlunto pada Senin malam, 18 Maret 2024.

Kegiatan tersebut merupakan program kalender tahunan Pemko Sawahlunto yang tahun ini telah dibentuk sebanyak 27 TSR.

Sebanyak 27 TSR tersebut akan mengunjungi 55 Masjid yang bersebar di 37 Desa/Kelurahan pada empat Kecamatan yakni, Talawi, Barangin, Lembah Segar, dan Silungkang.

Bacaan Lainnya

Sebelum melakukan kunjungan, Tim terlebih dahulu mengikuti berbuka bersama dengan Pj Wali Kota (Wako) Sawahlunto, Zefnihan di Rumah Dinas Wako.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan penyampaian pesan dari Pj Wako Sawahlunto, lalu diikuti dengan shalat maghrib berjamaah sebelum masing-masing Tim mengunjungi rumah ibadah yang telah ditentukan.

TSR 02 terdiri dari, Eka Wahyu Ketua DPRD (Ketua Tim), Irzam K Asisten I Pemko (Wakil Ketua), Marta Dinata Ittano Sespri Ketua DPRD (Sekretaris Tim).

Kemudian, Zainal Asri Wakil Ketua BASNas (Mubaligh), serta 5 anggota masing-masing, Ikram Abdul Haris Kepala BPN, AKP Syafrinaldi Kasat Reskrim Polres.

Lalu, Bet Mukhardi Kabag Umum Sekretariat Daerah, Helmi Surya Kabid Perencanaan Pembangunan Ekonomi Bappelitbangda, serta Rollys Koto wartawan topsumbar.co.id

Menurut Irwan, Kabag Kesra Pemko Sawahlunto, seluruh TSR Kota Tahun 1445 H/2024 M akan mengunjungi ke 55 Masjid tersebut.

Namun, bantuan hanya diperuntukkan kepada sejumlah Mushalla yang berhak menerima dengan rata-rata senilai Rp 10 Juta.

Beberapa Mushalla yang mendapat bantuan lebih, merupakan bantuan yang berasal dari dana Pokir anggota DPRD Sawahlunto.

“Secara total dana hibah yang didistribusikan sebanyak Rp 3.437.500.000.- yang berasal dari usulan masyarakat dan dana pokir anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD),” ucapnya.

Emyusri Agus selaku Analisis Kebijakan Kesra juga menambahkan bahwa pada tahun 2024 terdapat satu Masjid di Kec. Talawi.

“Bantuan yang diserahkan sebesar Rp 17 Juta, karena pada tahun 2023 lalu tidak mendapat bantuan. Selain itu, bantuan Baznas, Lembaga Adat, LPTQ, Remaja Masjid, Majlis Taklim, dua rumah ibadah ummat Khatolik dan Kristen Protestan juga peroleh bantuan hibah masing-masing Rp 10 Juta yang dijemput langsung via Kesra,” pungkansya.

Kedatangan TSR 02 di Masjid Quba disambut baik oleh Ketua Pengurus, H. Sumanto didampingi Subandi, Camat Kecamatan Barangin.

Irzam K, selaku Wakil Ketua TSR 02 menyampaikan bahwa kedatangan TSR 02 tingkat kota ini merupakan ajang silaturahmi antara Pemko dengan masyarakat.

Selain itu, Irzam juga menyampaikan program kerja dari Pemerintah yang telah dan yang akan dilaksanakan.

“Terima kasih kepada warga masyarakat yang sudah berperan aktif mensukseskan pemilu Presiden dan Pileg. Alhamdulillah telah berjalan sukses dan memperoleh ranking tiga dengan capaian pemilih ke TPS 83 persen,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, bantuan berupa kain sarung diserahkan oleh TSR 02 kepada Pengurus Masjid. Sedangkan bantuan sebesar Rp 50 Juta telah diberikan pada minggu lalu oleh TSR Provinsi.

Kegiatan ceramah agama disampaikan oleh Ustadz Zainal Asri. Pada Hari kedua, TSR 02 akan melakukan kunjungan ke Masjid Ij’tihad Desa Sikalang pada Selasa, 19 Maret 2024.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik linkĀ https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait