UNP Resmi Buka Prodi Kedokteran Hewan

UNP Resmi Buka Prodi Kedokteran Hewan.(Dok:Dok. Istimewa)
UNP Resmi Buka Prodi Kedokteran Hewan.(Dok:Dok. Istimewa)

TOPSUMBAR – Universitas Negeri Padang (UNP) telah melangkah maju setelah menerima Rekomendasi LAM PT-Kes No. 0051/ LAM PT-Kes tahun 2023 dengan membuka dua Program Studi baru yang sangat dinanti pada tahun 2024, yaitu Program Studi S1 Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan.

Persiapan matang untuk pembukaan kedua program studi ini telah dimulai sejak awal tahun 2023, dengan menjalin kerja sama yang kuat dengan berbagai pihak terkait, seperti Pemerintah Daerah Sumbar, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PHDI) Wilayah Sumbar, serta melakukan kunjungan ke sejumlah perguruan tinggi yang memiliki program studi Kedokteran Hewan seperti IPB University dan UGM Yogyakarta, serta berbagai lembaga, klinik hewan, dan laboratorium terkait.

Penyusunan proposal Program Studi Kedokteran Hewan ini merupakan hasil kolaborasi antara Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNP.

Bacaan Lainnya

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., dalam wawancaranya dengan Majalah UNP, menyatakan rasa syukurnya atas persetujuan LAM PT Kes untuk membuka Program Studi Kedokteran Hewan dan Profesi Dokter Hewan pada akhir tahun 2023.

Beliau menegaskan bahwa mulai tahun 2024, UNP akan menerima mahasiswa baru Program Studi Kedokteran Hewan melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), dengan target daya tampung antara 50 hingga 75 orang.

Selain itu, proses seleksi juga akan dilakukan melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri, sebagai respons terhadap kebutuhan yang besar akan tenaga dokter hewan di masyarakat.

Dekan FK UNP, Dr. dr. Rika Susanti, Sp.FM (MK), menyatakan bahwa Program Studi Kedokteran Hewan akan berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran, dan kegiatan perkuliahan akan difokuskan di Kampus UNP Belakang Balok Kota Bukittinggi.

Dengan pembukaan program studi ini, FK UNP telah melengkapi diri dengan empat Program Studi S1 Kedokteran, yaitu Profesi Dokter, Kedokteran Hewan, dan Profesi Dokter Hewan, serta tahun ini FK UNP akan menerima mahasiswa baru pada tahun kedua Program Studi Kedokteran.

Sertifikat Keputusan (SK) Pembukaan Program Studi Kedokteran telah resmi ditandatangani oleh Rektor UNP pada tanggal 8 Januari 2024 dan telah mendapat persetujuan dari Majelis Wali Amanat (MWA) UNP sebelumnya.

(MH)

Pos terkait