Penandatanganan MoU antara UNP dangan Tianjin Foreign Studies University (TGSU) Tiongkok

Penandatanganan MoU antara UNP dangan Tianjin Foreign Studies University (TGSU) Tiongkok.(Dok:Dok.Istimewa)
Penandatanganan MoU antara UNP dangan Tianjin Foreign Studies University (TGSU) Tiongkok.(Dok:Dok.Istimewa)

TOPSUMBAR – Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) mengukuhkan kemitraan dengan Tianjin Foreign Studies University (TFSU) Tiongkok melalui penandatanganan MoU. Kehadiran delegasi UNP disambut hangat oleh President TFSU, Fachun Chen, Ph.D., pada Senin, 15 Januari 2024 waktu setempat.

Dalam sambutannya, President TFSU menyampaikan komitmennya terhadap pengembangan prodi Bahasa Indonesia di universitas mereka, dengan saat ini memiliki 25 mahasiswa yang fokus pada keahlian bahasa asing, termasuk bahasa dan budaya Indonesia.

“Kami berharap untuk menjalin kerjasama erat dengan UNP, terutama dalam program pertukaran di mana mahasiswa semester 3 prodi Bahasa Indonesia akan berkesempatan untuk belajar di Indonesia,” ujar President TFSU, Fachun Chen, Ph.D.

Bacaan Lainnya

Selain itu, Presiden TFSU juga menyatakan minatnya untuk mengembangkan kerja sama dalam prodi Bisnis, Administrasi, dan bidang lainnya. Mereka juga siap menerima mahasiswa UNP yang tertarik mempelajari bahasa Mandarin.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., menyambut baik antusiasme President TFSU dalam memperluas kerja sama ini.

Prof. Ganefri, Ph.D., mengumumkan rencana UNP untuk membuka prodi Bahasa Mandarin dan menyambut baik mahasiswa TFSU yang tertarik mempelajari budaya dan bahasa Indonesia.

“UNP memiliki fasilitas khusus untuk mahasiswa asing, termasuk dari Tiongkok. Dengan keberadaannya di Provinsi Sumbar yang kaya akan budaya Minangkabau, mahasiswa TFSU akan mendapatkan pengalaman belajar yang berharga di UNP,” ungkap Prof. Ganefri, Ph.D.

President FTSU menanggapi positif rencana pembukaan prodi Bahasa Mandarin dan menawarkan bantuan dalam pengajaran dan peningkatan kurikulum. Mereka juga berjanji untuk mengirimkan dosen sesuai kebutuhan UNP, sementara Dosen UNP yang bersedia mengajar di TFSU akan disambut dengan baik.

TFSU berencana untuk mengunjungi UNP dalam waktu dekat untuk memperdalam kerja sama ini. Sebagai tanda keseriusan, President TFSU juga mengundang Rektor UNP untuk menghadiri Diesnatalis ke-60 TGSU.

Rektor UNP menegaskan komitmen untuk mewujudkan pembukaan prodi Bahasa Mandarin dengan bantuan dari TFSU.

Delegasi UNP yang dipimpin oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D., Wakil Rektor IV Prof. Dr. Yasri, MS, Dekan FPP Prof. Dra. Asmar Yulastri, Ph.D., dan Direktur Internasionalisasi Prof. Rusnardi Rahmat Putra, M.Si., Ph.D., telah melangkah maju dalam memperkuat kerja sama lintas negara ini.

(MH)

Pos terkait