Transformasi Digital, Kejari Dharmasraya Luncurkan SI-PRABU untuk Kemudahan Masyarakat

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengungkapkan apresiasi yang tinggi terhadap Sistem Informasi Pengembalian Barang Bukti (SI-PRABU) yang baru diluncurkan oleh Kejaksaan Negeri Kabupaten Dharmasraya.

Pada acara peresmian dan sosialisasi inovatif ini, yang diselenggarakan di Auditorium Dharmasraya, Pulau Punjung, pada Jumat 17 November 2023, Ketua Umum Apkasi memberikan dukungan sepenuhnya dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya terhadap langkah progresif Kejaksaan Negeri Dharmasraya.

“Sangat dihargai dan didukung oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya atas inovasi yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Dharmasraya dalam menyediakan kemudahan akses masyarakat terkait barang bukti,” ucap Sutan Riska.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan bahwa di tengah era digitalisasi, diperlukan terobosan atau inovasi yang mampu memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

Sutan Riska memberikan contoh bahwa sebelum adanya SI-PRABU, masyarakat harus mendatangi kantor Kejari secara langsung untuk mengetahui status atau mengambil barang bukti.

Namun, dengan aplikasi ini, masyarakat dapat mengakses informasi tersebut dari mana saja dan kapan saja.

Sutan Riska juga memberikan arahan kepada Camat dan Walinagari untuk menyosialisasikan SI-PRABU di wilayah masing-masing, agar seluruh masyarakat dapat memanfaatkan kemudahan yang disediakan oleh Kejari Dharmasraya melalui aplikasi tersebut.

Di sisi lain, Kajari Dharmasraya, Dodik Hermawan, menjelaskan bahwa SI-PRABU adalah aplikasi berbasis web dan Android yang memudahkan masyarakat dalam mengecek status dan mengklaim barang bukti pada Kejari Dharmasraya.

“Aplikasi ini memberikan fitur kepada masyarakat untuk memilih sistem pengambilan atau pengembalian barang bukti, apakah langsung diambil ke kantor Kejaksaan atau diantar langsung ke alamat pemilik,” terang Dodik.

Untuk mengakses layanan ini, pengguna dapat mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau mengunjungi situs resmi di siprabu.id.

“Kami berharap dengan kehadiran aplikasi SI-PRABU, masyarakat akan semakin mudah dalam memperoleh layanan Kejari Dharmasraya, terutama terkait pengecekan status dan klaim barang bukti,” tutupnya.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait