Sumbar Raih Penghargaan Daerah Ramah Investasi, Peran DPMPTSP dalam Kesuksesan

TOPSUMBAR – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) telah meraih penghargaan sebagai Daerah Ramah Layanan Investasi dalam acara Anugerah Layanan Investasi (ALI) 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin pada Rabu, 8 November 2023, di Jakarta.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan kegembiraannya atas prestasi ini. Menurutnya, hasil penilaian kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) provinsi serta kabupaten/kota menunjukkan kategori sangat baik, khususnya terkait percepatan pelaksanaan berusaha.

Bacaan Lainnya

Gubernur Mahyeldi menegaskan komitmen Sumbar sebagai daerah terbuka terhadap investasi. Ia mengajak DPMPTSP di daerah untuk terus berinovasi dalam layanan dan proses perizinan guna memastikan kenyamanan dan keyakinan investor untuk menanamkan modal di Sumbar.

Plakat penghargaan diserahkan oleh Wapres RI secara langsung kepada Kepala DPMPTSP Sumbar, Adib Alfikri, di Hotel Shangri-La Jakarta pada Rabu, 8 November 2023.

Adib menyatakan bahwa penghargaan ini hasil dari kerja keras semua pihak dalam memberikan layanan investasi di Sumbar.

Adib mengakui bahwa meskipun Sumbar telah meraih penghargaan, masih ada aspek pelayanan investasi yang perlu diperbaiki. Dia berjanji bahwa ke depannya, secara perlahan, kekurangan dalam layanan tersebut akan dibenahi.

Adib menjelaskan tahapan penilaian ALI 2023 dilaksanakan oleh Kementerian Investasi/BKPM RI sejak Mei 2023. Tahapan tersebut melibatkan verifikasi dan verifikasi lapangan oleh pihak ketiga/lembaga independen, paparan/presentasi Kepala DPMPTSP, serta uji petik oleh Kementerian Investasi/BKPM RI.

Adib juga mencatat bahwa realisasi investasi Nonusaha Kecil Menengah (Non-UMK) di Sumbar hingga triwulan III tahun 2023 mencapai Rp4.404.600.000.000, dari target awal Rp8 triliun. Realisasi Penanaman Modal Asing (PMA), Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), serta UMK, telah mencapai Rp7.211.273.480.000 dari target Rp5.62 triliun.

Kemudahan berinvestasi di Sumbar diakui oleh investor, seperti yang diungkapkan oleh Commissioner of The Balcone Suites and Resort, Nadhira Daswarlyn. Menurutnya, proses pengurusan administrasi perizinan berjalan lancar, dan dia yakin pembangunan di Sumbar akan semakin tumbuh pesat.

Saat menyerahkan penghargaan dalam ALI 2023, Wapres RI Ma’ruf Amin menekankan bahwa investasi merupakan instrumen vital bagi perekonomian Indonesia.

Peningkatan realisasi investasi menjadi tema utama dalam reformasi birokrasi, dan perbaikan iklim investasi serta tata kelola dan reformasi birokrasi harus menjadi fokus kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

(adpsb/isq/bud)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait