Semarak Budaya Minang, Parade Adat dan Kepemimpinan Perempuan dalam HUT Bundo Kanduang

TOPSUMBAR – Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-49 Bundo Kanduang di Kabupaten Limapuluh Kota, para pengurus dan anggotanya bersatu untuk meningkatkan peran dan fungsi mereka dalam melestarikan adat dan budaya Minangkabau.

Dengan moto ‘Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah’, perayaan berlangsung di Aula Kantor Bupati pada Minggu, 19 November 2023.

Acara penuh semarak ini menampilkan atraksi hebat dari Bundo Kanduang yang berasal dari berbagai nagari di 13 Kecamatan Limapuluh Kota.

Bacaan Lainnya

Mulai dari parade adat salingka nagari dengan atraksi menarik seperti adat meminang, adat memanen padi, turun mandi, maanta pabukoan, hingga berbagai atraksi adat lainnya.

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, turut hadir dalam perayaan ini, didampingi oleh Ketua TP PKK Nevi Safaruddin.

Tak ketinggalan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, Ketua LKAAM Zulhikmi, Ketua Bundo Kanduang Nengsih, dan sejumlah Kepala perangkat daerah juga turut serta.

Dalam sambutannya, Bupati menyoroti bahwa usia ke-49 Bundo Kanduang merupakan momen matang yang membutuhkan adaptasi terhadap perubahan zaman dan globalisasi.

Organisasi ini dihadapkan pada tugas berat untuk menjaga anak-anak serta melestarikan adat dan budaya Minangkabau.

Bupati menegaskan perlunya transformasi yang cepat agar tetap relevan, namun tetap memegang teguh nilai-nilai budaya.

Bupati juga menyampaikan harapannya agar Bundo Kanduang, sebagai perempuan Minang, dapat menunjukkan kepemimpinan dan sifat ibu sejati.

Mereka diinginkan menjadi teladan di lingkungan keluarga serta aktif dalam pembangunan daerah.

Ketua Bundo Kanduang Limapuluh Kota, Nengsih, menegaskan visi organisasinya untuk menjadi perempuan tangguh dalam melestarikan adat dan budaya dengan prinsip ‘Adat Basandi Syara, Syara Basandi Kitabullah’.

Visi ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, dan Bundo Kanduang siap mendukung program-program pemerintah serta berkomitmen dalam mendidik generasi muda.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait