Seleksi Hafizh dan Hafizhah Kota Solok 2023, Membangun Generasi Penghafal Al-Qur’an

TOPSUMBAR – Wali Kota Solok yang diwakili oleh Asisten I Sekda Kota Solok, Nova Elfino, membuka kegiatan seleksi Hafizh dan Hafizhah Kota Solok Tahun 2023 di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok pada Senin, 6 November.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Irsyad, Kasi Bimas Kemenag Kota Solok, Irawadi Uska, Kabag Kesra Setda Kota Solok, Feri Hendria, serta sejumlah undangan lainnya.

Nova Elfino menyampaikan rasa haru dan kebanggaannya karena dapat hadir bersama para penghafal Al-Qur’an yang menjadi kebanggaan Kota Solok.

Bacaan Lainnya

Seleksi wisuda Hafizh dan Hafizhah Kota Solok 2023 bertujuan untuk menguji kemampuan serta peningkatan hafalan, sekaligus menentukan para Hafizh dan Hafizhah terbaik Kota Solok.

“Kami bangga dengan antusiasme masyarakat Kota Solok dalam mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah. Semua ini sangat berarti karena semua warga kota menghormati kegiatan ini. Partisipasi warga ini adalah wujud dari tekad memajukan Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah,” ujarnya.

Asisten I melanjutkan, memberikan semangat kepada generasi muda yang telah lolos seleksi untuk terus giat dalam menghafal Al-Qur’an.

“Karena menghafal Al-Qur’an harus dilakukan secara berkesinambungan agar hafalan tetap terjaga,” tambah Nova Elfino.

Asisten I juga mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memajukan Kota Solok sebagai Kota Beras Serambi Madinah dengan cara membumikan Al-Qur’an dalam setiap aspek kehidupan, baik di dunia pendidikan maupun dunia kerja, sehingga senantiasa berkreasi dan berinovasi dengan baik dan santun untuk terus mendukung kemajuan kota ini yang kita cintai.

“Marilah kita terus berbenah menuju ke arah yang lebih baik untuk mewujudkan Kota Solok yang Diberkahi, Maju, dan Sejahtera (Berjuara),” ajaknya.

Kepala Kementerian Agama Kota Solok yang diwakili oleh Kasi Bimas Irawadi Uska mengatakan bersyukurlah kepada para penghafal Al-Qur’an karena di akhirat nanti mereka akan mendapatkan Syafaat Rasulullah SAW dan juga diberi keistimewaan oleh Allah SWT untuk membawa 10 orang sanak keluarga mereka untuk mendapatkan Syafaat dari Rasulullah.

“Kita juga berharap kepada tim penilai untuk menilai se-obyektif mungkin tanpa ada preferensi tertentu,” harapnya.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setda Kota Solok, Feri Hendria melaporkan bahwa kegiatan seleksi ini akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 9 November 2023 di Masjid Agung Al Muhsinin, Kota Solok.

Jumlah peserta untuk kategori 1 Juz sebanyak 441 orang, 2 Juz sebanyak 257 orang, 3 Juz sebanyak 128 orang, 4 Juz sebanyak 49 orang, 5 Juz sebanyak 61 orang, 10 Juz sebanyak 21 orang, 15 Juz sebanyak 15 orang, 20 Juz sebanyak 7 orang, dan 30 Juz diikuti oleh 1 orang. Total peserta seleksi adalah sebanyak 979 orang.

Angka ini mencerminkan semangat tinggi masyarakat Kota Solok dalam kegiatan keagamaan, terutama semangat generasi muda dalam menjaga dan menghafal Al-Qur’an.

Meskipun pada tahun ini Pemerintah Kota Solok hanya dapat memberikan penghargaan kepada sekitar 300 Hafizh dan Hafizhah, namun antusiasme peserta seleksi yang mendekati 1000 orang menunjukkan komitmen mereka.

“Reward berupa penghargaan finansial sesuai dengan kategori hafalan serta pemberian sertifikat hafalan,” tutup Feri Hendria.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait