Pendidikan Berkualitas, Peringatan Hari Guru Nasional Dharmasraya 2023

TOPSUMBAR – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dengan penuh kehormatan membacakan amanat Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Nadiem Makarim, dalam rangka Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 tahun 2023.

Acara yang berlangsung di Sport Center pada hari Sabtu, 25 November 2023, turut dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pemimpin di Dharmasraya, termasuk Pimpinan DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Forkopimda Dharmasraya, dan berbagai kepala instansi terkait.

Dalam sambutannya, Bupati Dharmasraya menyampaikan pesan dan keyakinan Menteri Nadiem Makarim. Beliau mengungkapkan rasa sedih karena kemungkinan tahun ini menjadi tahun terakhirnya merayakan Hari Guru Nasional sebagai Menteri Pendidikan.

Bacaan Lainnya

Meski demikian, Bupati menyampaikan rasa optimis dan keyakinan yang kuat bahwa para guru sebagai nakhoda tidak akan berbalik arah dari perjuangan Merdeka Belajar.

Bupati menyampaikan bahwa tahun-tahun terakhir ini telah dicapai berbagai kemajuan dalam dunia pendidikan, seperti penghapusan Ujian Nasional pada tahun pertama Merdeka Belajar.

Kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya dan penerapan Asesmen Nasional menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan.

Pada tahun berikutnya, diluncurkan Kurikulum Merdeka, yang memberikan petunjuk jalan untuk mencapai tujuan perubahan.

Kurikulum ini diharapkan dapat meringankan beban murid melalui pengurangan jumlah materi dan menekankan pemahaman yang mendalam.

Selain itu, guru juga diberi kebebasan untuk mengembangkan kreativitas dan berinovasi sesuai kebutuhan murid.

Bupati juga menyoroti platform Merdeka Mengajar, yang memperluas ruang belajar dan berbagi antara sesama guru di seluruh Indonesia.

Jutaan guru kini terhubung, saling belajar, dan saling menginspirasi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Terobosan besar dilakukan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak, sebuah program yang bertujuan mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

Bupati juga menyampaikan kebahagiaan karena semakin dekat dengan pencapaian target satu juta guru ASN PPPK, yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan guru dan meningkatkan kesejahteraan para pendidik.

Dalam mengakhiri sambutannya, Bupati Dharmasraya menekankan bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah perpisahan, melainkan momentum untuk bersama-sama mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia.

Semangat untuk terus melaju ke depan dengan gerakan Merdeka Belajar hendaknya menjadi pendorong bagi semua pihak terkait.

Sebagai penutup acara, berbagai atraksi tari memeriahkan suasana, dan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyempatkan diri untuk bersalaman dan menyapa ribuan guru yang turut serta dalam peringatan HGN ke-78 ini.

(YAN)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait