Payakumbuh Raih Penghargaan Kota Terbaik dalam Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem 2023

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Payakumbuh sekali lagi meraih penghargaan sebagai Kota terbaik di Indonesia dalam upaya percepatan penghapusan Kemiskinan Ekstrem tahun 2023.

Penghargaan ini diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, di Istana Wakil Presiden pada Kamis 9 November 2023.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Jasman, mengungkapkan bahwa ini adalah hasil nyata dari kerja sama dan kolaborasi yang kuat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Bacaan Lainnya

“Ini menunjukkan adanya kerja tim yang luar biasa, kekompakan, dan dedikasi dari semua pihak di birokrasi Kota Payakumbuh yang bergandengan tangan dengan fokus untuk mengatasi kemiskinan ekstrem,” ungkapnya.

Selain itu, Kota Payakumbuh patut berbangga karena menjadi satu-satunya kota di Sumatera yang dipilih dan menerima penghargaan langsung dari Wakil Presiden.

“Selamat atas kerja keras Bapak dan Ibu semua yang pasti membuat warga Kota Payakumbuh bangga dengan pencapaian luar biasa ini,” ucapnya.

Sebagai pengakuan atas keberhasilan ini, Pemko Payakumbuh diberikan insentif fiskal sebesar Rp6,78 miliar.

Jasman menegaskan bahwa penghargaan ini bukanlah target dari Pemerintah Kota Payakumbuh.

“Target dari Pemerintah Kota Payakumbuh adalah memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kota Payakumbuh. Penghargaan ini adalah bonus,” katanya.

Dia berharap agar ke depan, seluruh OPD dan pemangku kepentingan terus bekerja sama dalam upaya mengentaskan kemiskinan ekstrem di Kota Payakumbuh.

“Harapan saya adalah hal ini terus kita pertahankan dan tingkatkan. Saya yakin dengan kerja keras dan kerja sama, kita dapat mencapai apa pun,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan peran penting kepala daerah dalam mencapai target nol persen kemiskinan ekstrem di Indonesia tahun 2024.

“Waktu kita hanya tinggal satu tahun menuju target nol persen kemiskinan ekstrem tahun 2024, atau enam tahun lebih cepat dari target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan,” ujarnya.

Untuk itu, dalam kesempatan ini saya ingin kembali menekankan peran krusial Bapak dan Ibu selaku kepala daerah, yaitu dalam menyusun program dan kegiatan, serta mengalokasikan anggaran daerah untuk mempercepat penghapusan kemiskinan ekstrem.

Dia meminta agar konsistensi seluruh pimpinan daerah tetap terjaga, terutama dalam melaksanakan strategi pengurangan beban pengeluaran masyarakat, peningkatan pendapatan berkelanjutan kelompok masyarakat miskin ekstrem, serta penurunan jumlah kantong-kantong kemiskinan.

Selain itu, Wapres mengingatkan agar pemberdayaan masyarakat yang mengutamakan aspek pertumbuhan, keadilan sosial, dan keterjangkauan menjadi perhatian bersama.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait