Optimalkan Produksi Pertanian, Sosialisasi Pengendalian Hama Tikus di Kelompok Tani Bangun Pagi

TOPSUMBAR – Pada Kamis, 9 November 2023, Penyuluh Pertanian bersama POPT melaksanakan kunjungan anjangsana ke Kelompok Tani di Bangun Pagi, Kelurahan Kubu Gulai Bancah.

Fokus utama kunjungan ini adalah menyampaikan informasi terkait pengendalian hama tikus dengan menggunakan rodentisida.

Peran penting Penyuluh Pertanian dan petani dalam pembangunan sektor pertanian tak bisa dipisahkan. Keduanya berkontribusi besar untuk menjamin ketersediaan bahan pangan.

Bacaan Lainnya

Salah satu metode efektif dalam upaya penyuluhan pertanian adalah melalui kunjungan langsung, baik itu kepada individu, kelompok tani, atau melibatkan partisipasi massa.

Dalam kunjungan kali ini, perhatian khusus diberikan pada penyebaran informasi mengenai kepentingan pengendalian hama tikus, terutama melalui pemanfaatan rodentisida.

Diskusi terbuka dilakukan untuk mendengarkan permasalahan yang dihadapi oleh petani di lapangan. Kegiatan ini ditutup dengan praktek penggunaan kombinasi rodentisida dan perangkap bambu.

Rodentisida diaplikasikan sebagai umpan dalam perangkap bambu yang ditempatkan di area sawah kelompok tani.

Dengan harapan bahwa petani dapat mengadopsi metode pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), terutama tikus, dengan tepat waktu, pilihan yang sesuai, metode yang benar, dan dosis yang sesuai.

Penerapan teknologi ini dianggap mampu memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan produktivitas, produksi, dan kualitas hasil komoditas tanaman pangan.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait