Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Raih Kesuksesan dengan Berbagai Program Kesejahteraan

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, Raih Kesuksesan dengan Berbagai Program Kesejahteraan

TOPSUMBAR – Keseriusan Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, dalam meningkatkan kesejahteraan warganya tak diragukan lagi.

Berbagai program dan prestasi telah dihadirkan selama tahun 2023, sejak dilantik pada 26 Februari 2021 lalu.

Bukittinggi menjadi pusat prestasi dengan beragam terobosan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakatnya.

Bacaan Lainnya

Sejak awal tahun 2023, fokus pemerintah Kota Bukittinggi bersama DPRD mengarah pada pemberian iuran Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Jaminan tersebut diberikan kepada 2.918 pekerja dengan penghasilan di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Tahun 2023 dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jenis serta Iuran pada Program tersebut yakni:

  1. Jaminan Kematian (JKM) dengan iuran Rp6.800,- per orang per bulannya dan,
  2. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp10.000,- per orang per bulan.

Hal ini menjadi solusi bagi pekerja rentan. JKM memberikan jaminan kematian akibat penyakit sebesar Rp42.000.000,-, dan untuk kecelakaan kerja, peserta mendapatkan 48 kali upah yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Program ini tidak hanya mengakomodasi pekerja, namun juga memberikan beasiswa hingga Rp174 juta untuk dua anak peserta JKM yang masih bersekolah.

Beasiswa tersebut meliputi:

  1. Pendidikan taman kanak-kanak hingga SD dengan Rp1,5 juta per orang per tahunnya. Maksimal pendidikan di selesaikan dalam kurun waktu 8 tahun.
  2. Pendidikan SMA/sederajat, Rp2 juta per orang per tahun. Maksimal pendidikan di selesaikan selama 3 tahun.
  3. Pendidikan SMA/sederajat Rp3 juta per orang per tahun. Maksimal pendidikan di selesaikan selama 3 tahun.
  4. Pendidikan Tinggi S1, Rp12 juta per orang per tahun. Maksimal pendidikan di selesaikan dalam 5 tahun.

Terobosan di bidang kesehatan juga menjadi daya ungkit Kota Bukittinggi.

Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang menyasar sebanyak 25.685 orang yang bertujuan meringankan beban iuran JKN bagi warga.

Bukittinggi berhasil mencapai 97,08 persen warga terdaftar sebagai peserta JKN, menjadikannya kota terbaik dalam realisasi Universal Health Coverage (UHC) di Sumatra Barat pada tahun 2023.

Selain itu, Pemerintah Kota Bukittinggi memberikan bantuan sosial bagi 44.660 jiwa senilai Rp 33,7 miliar melalui kolaborasi anggaran pemerintah kota dan pusat.

Bantuan ini mencakup Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan bantuan kesehatan.

Di sektor pendidikan, pembebasan iuran komite sekolah untuk 5.097 pelajar SMA sederajat menjadi kebijakan unggulan.

.Pemerintah Kota Bukittinggi menyadari pentingnya pendidikan dan berkomitmen untuk membebaskan masyarakat dari beban keuangan di sektor ini.

Program Satu Kelurahan Satu Pondok Tahfiz merupakan langkah positif untuk menjadikan generasi muda yang qurani.

Dengan mengalokasikan dana operasional Rp 3.570.132.600, Pemerintah Kota Bukittinggi mendukung pembentukan 24 pondok tahfidz di seluruh wilayah kota.

Bidang investasi juga menjadi sorotan di Kota Bukittinggi. Dengan mencatat 4.339 investasi hingga akhir tahun 2023, penyerapan tenaga kerja mencapai 17.081 orang.

Erman Safar dengan bangga menyatakan prestasi ini sebagai bagian dari pembangunan ekonomi kota.

Kemudian pada sektor infrastruktur, pembangunan jalan lingkungan dan drainase, sepanjang 4,1 km berhasil meningkatkan kenyamanan pemukiman warga. Pemko Bukittinggi menganggarkan Rp 8,2 miliar lebih untuk memastikan kelancaran dan kualitas pemukiman.

Dengan kunjungan wisatawan sebanyak 1.041.476 orang pada tahun 2023, Kota Bukittinggi berhasil meraih Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 22.706.416.500 dari objek wisata berbayar.

Erman Safar menegaskan bahwa pariwisata menjadi pilar ekonomi kota, memberikan peluang usaha ekonomi kreatif dan membantu UMKM.

Program dan prestasi ini membuktikan bahwa Bukittinggi di bawah kepemimpinan Erman Safar mampu meraih kesuksesan dalam berbagai sektor.

Wali Kota ini tidak hanya mengejar prestasi, tetapi juga memastikan kesejahteraan dan kemajuan bagi masyarakat Kota Bukittinggi.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait