Kota Payakumbuh Raih Penghargaan Terbaik dalam Penataan Ruang Nasional

TOPSUMBAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Payakumbuh, Rida Ananda, menghadiri peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional ke-63 tahun 2023 yang diadakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat pada Rabu 8 November 2023.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antara Dinas PUPR dengan berbagai pihak terkait dalam menjalankan program-programnya. Hal ini sesuai dengan tema Hantaru tahun ini, yaitu “Kinerja dan Kolaborasi untuk Indonesia Maju”.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan sosialisasi Aplikasi E-KKPR sebagai tindak lanjut dari kerjasama antara Dinas PUPR, DPMPTSP, dan Dinas Kominfo dalam membangun aplikasi tersebut.

Bacaan Lainnya

Aplikasi ini bertujuan untuk mempermudah proses perizinan non berusaha di Kota Payakumbuh sesuai dengan UU Cipta Kerja. Junaidi, Kepala Dinas Kominfo, turut menjadi narasumber dalam sosialisasi aplikasi ini.

Junaidi menjelaskan bahwa upaya untuk meningkatkan kinerja dan kolaborasi ini melibatkan berbagai program dan kegiatan lintas sektor, mulai dari perencanaan dokumen Rencana Tata Ruang, pembentukan Forum Penataan Ruang, pelayanan KKPR, pengawasan dan penertiban tata ruang lintas OPD, hingga pendaftaran aset tanah dan fasilitasi tanah konsolidasi perkotaan.

Selain itu, dalam rangka Hantaru, diberikan Penghargaan Pelaksanaan Penataan Ruang Terbaik kepada 3 Kelurahan Terpilih, yaitu Kelurahan Payolansek, Kelurahan Ompang Tanah Sirah, dan Kelurahan Balai Panjang.

Kepala Dinas PUPR, Muslim, menjelaskan bahwa aplikasi E-KKPR melibatkan Lurah se Kota Payakumbuh dalam proses validasi permohonan terkait lokasi dan kepemilikan tanah.

Ia berharap kerjasama dari Lurah dalam memberikan layanan yang mudah bagi masyarakat terutama dalam layanan KKPR untuk Perizinan Non Berusaha.

Aplikasi E-KKPR dijadwalkan akan diluncurkan pada perayaan HUT Kota Payakumbuh ke-53 pada Desember 2023.

Kota Payakumbuh telah meraih sejumlah capaian prestasi dalam penyelenggaraan Tata Ruang, termasuk penyusunan Peta Digital tahun 2018 dari Badan Informasi Geospasial (BIG) dan Penghargaan Terbaik 3 Nasional Kinerja Penyelenggaraan Penataan Ruang Kota tahun 2019 dari Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil.

Kota ini juga mendapatkan Penghargaan atas Praktik Baik Aksi Nasional Pemberantasan Korupsi tahun 2020 dan peringkat 3 Nasional dalam Pengaturan Penataan Ruang, Pembinaan Penataan Ruang, Pelaksanaan Penataan Ruang (TURBINLAK) tahun 2022 dari Kementerian ATR/BPN.

Kota Payakumbuh juga meraih Top 99 SINOVIK tahun 2023 untuk Inovasi SITARANG (Sistem Informasi Penataan Ruang) dari Kementerian PANRB.

Terakhir, fasilitasi sertipikat Hak Pakai tanah aset Pemko Payakumbuh tahun 2023 mencapai 252 bidang tanah. Hal ini berarti bahwa hingga saat ini, sudah ada 486 bidang atau 36,24 persen dari total tanah aset Kota Payakumbuh sebanyak 1.341 bidang yang telah bersertifikat.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait