Kota Pariaman Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara 2023, Kesehatan dan Sanitasi Unggul

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Pariaman meraih prestasi gemilang di sektor kesehatan pada tahun 2023, memenangkan penghargaan Swasti Saba Wistara, kategori puncak dalam Anugerah Kabupaten dan Kota Sehat.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang berhasil mengimplementasikan sembilan tatanan pokok multidimensi sebagai tolok ukur penilaian.

Penghargaan Swasti Saba Wistara Kabupaten Kota Sehat Tahun 2023 diterima oleh Kepala Bappeda Kota Pariaman, Hendri, yang mewakili Walikota Pariaman.

Bacaan Lainnya

Acara penghargaan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Kempinski Jakarta pada Selasa 28 November 2023 dan diserahkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, Suhajar Diantoro.

Selain prestasi tersebut, Kota Pariaman juga meraih apresiasi dalam bentuk Penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori Pratama.

Penghargaan ini diberikan kepada daerah yang komitmen dalam menyelesaikan permasalahan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBABS) atau yang lebih dikenal sebagai Open Defecation Free (ODF).

Keberhasilan ini adalah hasil nyata dari program unggulan Kota Pariaman Water Front City serta pemberian bantuan 1.500 jamban sehat kepada warga kurang mampu.

Hendri, yang menerima penghargaan, berharap bahwa prestasi ini akan menjadi motivasi bagi pemerintah dan stakeholder lainnya untuk menerapkan praktik-praktik positif yang telah berhasil diimplementasikan di tengah masyarakat. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan dan memelihara lingkungan yang layak.

Malam Anugerah Kabupaten Kota Sehat 2023 dibuka oleh Wakil Presiden RI yang diwakili oleh Menteri Koordinator PMK Muhajir Effendi, dengan kehadiran Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Dari Kota Pariaman, Kadis Kesehatan, Nazifah, MM, dan Ketua Forum Kota Sehat Kota Pariaman, dr. Syafrudin Tamar, Sp. PD-KKV Finasim turut hadir dalam acara tersebut.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait