Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara 2023

TOPSUMBAR – Pada Selasa malam, 28 November 2023, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Sumatera Barat meraih penghargaan Swasti Saba kategori Wistara tahun 2023.

Penghargaan prestisius tingkat nasional ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan diserahkan oleh Wakil Presiden, diwakili oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, dengan bangga menerima penghargaan ini, yang secara langsung diserahkan oleh Menko PMK.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan dr. Syahrizal Antoni dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Efrianto.

“Alhamdulillah. Pada hari ini, Senin 27 November 2023, Kabupaten Pessel menerima penghargaan Swasti Saba Wistara tahun 2023,” ucap Rusma Yul Anwar dalam keterangan pers yang diterima pada Rabu 29 November 2023.

Penghargaan Swasti Saba, yang diberikan setiap dua tahun sekali, memiliki tiga kategori, yaitu Padapa sebagai tingkatan terendah, Wiwerda, dan yang tertinggi adalah Wistara, ungkap Rusma Yul Anwar.

Swasti Saba merupakan kegiatan di lingkungan Dinas Kesehatan, terutama yang berhasil menyelenggarakan program tatanan dalam Program Kabupaten/Kota Sehat (KKS).

Penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi dari Menteri Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten/kota yang berhasil menyelenggarakan sembilan tatanan penilaian predikat Swasti Saba.

Penilaian tersebut melibatkan aspek kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan industri dan perkantoran yang sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pertambangan sehat, kawasan hutan sehat, dan lainnya.

Program Kabupaten Sehat bertujuan untuk menciptakan kondisi bersih, aman, nyaman, dan sehat bagi warga, baik sebagai tempat tinggal maupun tempat bekerja.

Kabupaten Pessel berhasil meraih penghargaan ini berkat berbagai program kesehatan dan sektor lainnya yang berhasil dilaksanakan, meningkatkan sarana, produktivitas, dan perekonomian masyarakat.

Rusma Yul Anwar menyampaikan terima kasih kepada masyarakat, Dinas Kesehatan, OPD terkait, Forum Kabupaten Sehat, anggota DPRD, dan stakeholder lainnya yang terus mendukung upaya peningkatan kesehatan di Kabupaten Pessel.

(ADV/Webtorial)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait