Kerjasama Potensial, Universitas Indonesia dan Kabupaten Dharmasraya Membangun Bersama

TOPSUMBAR – Pada Kamis, 2 November 2023, Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, H. Adlisman, menerima delegasi dari Universitas Indonesia (UI) di ruang kerjanya di Pulau Punjung.

Delegasi yang dipimpin oleh Kasubdit Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Eko Sakapurnama, datang dengan tujuan menjajaki kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Dharmasraya untuk memajukan perkembangan daerah, terutama di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Eko, yang didampingi oleh dua pejabat UI lainnya, yakni Kasubid Kerjasama Bisnis Strategis, Aswin Hadisumarto, dan Kasi Kerjasama Akademik dan Pemerintah, Suprapti, menjelaskan tiga bidang kerjasama yang ditawarkan kepada Pemkab Dharmasraya.

Bacaan Lainnya

Pertama adalah bidang pendidikan dan pelatihan, di mana Pemkab Dharmasraya dapat meningkatkan kemampuan sumber daya pegawainya melalui program S2, S3, atau vokasi yang tersedia di UI.

Selain dari sisi akademik, UI juga dapat membantu meningkatkan kemampuan pegawai melalui pelatihan atau kursus singkat, seperti kursus legal drafting, akuntasi, atau ekonomi kreatif.

UI juga menawarkan kerja sama dalam hal kajian dan konsultasi untuk memastikan kebijakan-kebijakan yang dihasilkan tepat guna dan tepat sasaran, seperti kajian rancangan anggaran daerah atau kajian kinerja pegawai.

Dalam penawaran kerjasama, penggunaan teknologi informasi juga menjadi bagian penting, seperti pembangunan sistem internal informasi kepegawaian dan sistem informasi potensi pariwisata daerah.

Eko juga menyatakan kesiapan UI untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Dharmasraya dengan tujuan melakukan pelayanan kesehatan, psikososial, serta kegiatan edukasi lainnya untuk meningkatkan kualitas masyarakat.

Sekda H. Adlisman menyambut baik kunjungan delegasi dari Universitas Indonesia di Kabupaten Dharmasraya. Beliau menilai bahwa kunjungan ini merupakan suatu kehormatan bagi Pemkab Dharmasraya, mengingat UI merupakan salah satu institusi pendidikan terkemuka di negeri ini.

“Semua yang ditawarkan UI melalui Pak Eko dan tim sesuai dengan kebutuhan kita. Pertemuan ini akan kami laporkan kepada Bapak Bupati. Saat ini, saya bersama sejumlah pejabat yang membidangi teknis penawaran kerjasama tersebut. Kita akan kaji dahulu apa yang menjadi prioritas kita. Mudah-mudahan dapat kami beri jawaban segera,” pungkasnya.

Pertemuan juga dihadiri oleh Kepala Bapppeda, Paryanto, Kepala Dinas Kominfo, Rovanly Abdams, Sekretaris Dinas Pendidikan, Harniyenti, dan sejumlah pejabat lainnya.

(YAN)

Pos terkait