Gubernur Mahyeldi, Tantangan dan Inovasi dalam Pembangunan Jalan Sumbar

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, telah menyoroti pentingnya inovasi dalam pembangunan infrastruktur jalan di provinsi tersebut.

Pada Rapat Umum Daerah (RUD) VI Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Sumbar di Hotel Pangeran Beach Padang pada Selasa 21 November 2023, Gubernur Mahyeldi menyampaikan harapannya agar pembangunan infrastruktur, terutama jalan, dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan zaman yang dinamis.

Dalam menghadapi perubahan zaman yang cepat, Gubernur Mahyeldi mendorong HPJI untuk terus berinovasi, khususnya dalam hal perbaikan jalan.

Bacaan Lainnya

Ia memberikan contoh terkait pembiaran jalan setelah dikikis yang dapat menyebabkan kemacetan panjang karena rentang waktu pembiaran yang cukup lama.

Pada RUD HPJI dengan tema “Inovasi Penanganan Tebing dan Lereng yang Efisien dan Kokoh”, Gubernur menegaskan peran penting infrastruktur dalam merangsang pertumbuhan ekonomi, terutama di Sumbar yang merupakan lokomotif pertanian nasional.

Fokusnya adalah kelancaran jalur distribusi hasil pertanian sebagai prioritas utama, dengan harapan progres pembangunan ruas jalan strategis dan jalur penghubung antar wilayah perbatasan dapat berjalan dengan baik.

Gubernur menyadari bahwa salah satu hambatan utama dalam pembangunan jalan di daerah adalah keterbatasan anggaran.

Pembangunan infrastruktur, termasuk pembebasan lahan, memerlukan pembiayaan yang tinggi.

Ia berharap RUD HPJI dapat menghasilkan pemikiran dan masukan yang berharga bagi pemerintah dalam perencanaan pembangunan jalan ke depan.

Dalam penutupannya, Gubernur berharap agar HPJI terus berkiprah di daerah dan dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi, kompetensi personal, inovasi, serta kondisi sosial ekonomi di Provinsi Sumbar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumah Rakyat (PUPR) Sumbar, Era Sukma Munaf, menyatakan bahwa HPJI memiliki peran strategis dalam pembangunan negeri dan melaksanakan program sertifikasi jalan dan jembatan.

Ia menekankan perlunya peningkatan kemampuan komunikasi efektif antara anggota HPJI dan organisasi profesi serta keahlian di pemerintahan agar semua program dapat disinergikan.

(adpsb/nov)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Pos terkait