Pemerintah Provinsi Sumatera Barat Perbaiki Akses Jalan Menuju Dermaga Carocok Tarusan

TOPSUMBAR – Akses jalan yang mengalami kerusakan menuju dermaga dan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Carocok Tarusan di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan segera mendapatkan perbaikan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2024.

Gubernur Mahyeldi Ansharullah menyampaikan kabar baik ini saat berdialog dengan puluhan nelayan dari Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan di Labuan Sunday pada Minggu 21 Januari 2024.

Gubernur Mahyeldi menjelaskan bahwa jalan yang rusak tersebut adalah akses utama ke dermaga dan TPI Carocok Tarusan, yang memiliki peran penting bagi masyarakat setempat.

Bacaan Lainnya

Ia menegaskan bahwa perbaikan akan segera dilaksanakan pada tahun ini, dengan panjang ruas jalan yang mengalami kerusakan sekitar 600 meter.

Anggaran untuk perbaikan tersebut juga telah disiapkan oleh Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat.

“Perbaikan bisa segera dilakukan karena anggarannya sudah tersedia,” ujar Mahyeldi.

Gubernur Mahyeldi menambahkan bahwa kunjungannya ke daerah tersebut bertujuan untuk secara langsung mendengar kondisi dan kebutuhan masyarakat, sehingga kebijakan yang diambil dapat menjadi solutif dan tepat sasaran.

Menanggapi arahan tersebut, Kepala Dinas Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) Provinsi Sumatera Barat, Era Sukma Munaf, menyatakan akan segera menindaklanjuti arahan Gubernur.

“Kita akan segera memproses arahan Gubernur tersebut, InsyaAllah perbaikan akan dilakukan dalam waktu dekat,” ujar Era Sukma Munaf.

Dalam sesi dialog sebelumnya, Koordinator Nelayan Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan, Syaiful, mengeluhkan kondisi akses jalan yang rusak yang berdampak pada kelancaran mobilisasi hasil tangkapan para nelayan.

Ia juga menyoroti pentingnya kelancaran akses ini terutama karena daerah tersebut menjadi destinasi wisata favorit.

Keberlanjutan perbaikan ini diharapkan dapat mendukung kegiatan nelayan dan pariwisata setempat tanpa mengganggu kenyamanan wisatawan.

(adpsb)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait