Berkah Zakat, 143 Mustahik di Agam Terima Bantuan Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi

TOPSUMBAR –┬áPada Rabu, 29 November, sebanyak 143 mustahik di Kabupaten Agam menerima bantuan untuk biaya pendidikan, kesehatan, dan peningkatan ekonomi dari pemerintah setempat.

Isman Imran, Ketua Baznas Kabupaten Agam, menyampaikan bahwa pendistribusian zakat dari program pemerintah ini dilakukan dalam dua tahap.

Pada hari Rabu ini, bantuan disalurkan kepada 143 mustahik di enam kecamatan.

Bacaan Lainnya

Ia menamaikan bahwa tanggal 2 Desember mendatang, akan ada penyaluran zakat kepada mustahik di bagian timur Agam dengan jumlah penerima sebanyak 152 orang.

Isman Imran menjelaskan bahwa pendistribusian zakat, yang berlangsung di Balairung Rumah Dinas Bupati di Lubuk Basung, mencakup 15 mustahik asal Tanjung Mutiara, 19 mustahik asal Ampek Nagari, 51 mustahik asal Lubuk Basung, 16 mustahik asal Tanjung Raya, 36 mustahik asal Palembayan, dan 11 mustahik asal Matur.

Dari total tersebut, 35 mustahik merupakan penerima program Agam Cerdas, 72 mustahik penerima zakat Agam Makmur, 15 mustahik penerima zakat Agam Peduli, dan 21 penerima zakat Agam Sehat.

Isman Imran menegaskan bahwa para mustahik ini telah melewati sejumlah seleksi, seperti verifikasi informasi, survei, sidang pleno, dan putusan.

“Mustahik yang menerima zakat hari ini adalah orang-orang yang telah melewati proses seleksi sesuai dengan ketentuan pemerintah dan agama,” ucapnya.

Lebih lanjut, setelah penyaluran zakat, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi kepada para penerima agar zakat yang diberikan tepat sasaran.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Agam, Drs H Edi Busti, MSi, menyampaikan bahwa pendistribusian zakat merupakan upaya pemerintah daerah dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Program Agam Cerdas, kata beliau, merupakan upaya meningkatkan SDM masyarakat melalui sektor pendidikan. Pendidikan, tambahnya, menjadi instrumen penting dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ia juga menambahkan bahwa demikian juga halnya dengan Program Agam Sehat, Agam Peduli, dan Agam Makmur, ini semata-mata untuk peningkatan kesejahteraan.

Sekda Agam menekankan agar para mustahik penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang diberikan dengan sebaik mungkin. Pasalnya, bantuan yang diterima merupakan titipan zakat dari para muzaki.

Ia juga berharap, jika hari ini para mahasiswa menjadi mustahik, semoga setelah tamat kuliah nanti dan sukses bisa menjadi muzaki bagi mereka yang membutuhkan.

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait