Kabupaten Agam Gencar Berantas Stunting dan Kemiskinan, Evaluasi Tahun 2023 Ungkap Progres Signifikan

Kabupaten Agam Gencar Berantas Stunting dan Kemiskinan, Evaluasi Tahun 2023 Ungkap Progres Signifikan

TOPSUMBAR – Evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2023 Kabupaten Agam menyoroti upaya penanganan stunting dan pengentasan kemiskinan sebagai fokus utama.

Dalam rapat tersebut, Kepala BPKP Provinsi Sumbar, Dessy Adin hadir bersama Perwakilan Bupati Agam, Drs. Asril, MM serta Inspektur Kabupaten Agam, Drs. Welfizar, M.Si.

Rapat berlangsung di Aula Utama Kantor Bupati Agam pada Rabu, 21 Februari 2024 membahas hasil evaluasi bulan September hingga Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Adapun hasil dari evaluasi tersebut menunjukkan adanya komitmen kuat Pemerintah Daerah terhadap pembangunan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Agam.

Dessy Adin menjelaskan bahwa fokus utama evaluasi tersebut adalah upaya penanganan kemiskinan. Dengan pencapaian angka kemiskinan pada tahun 2022 sebesar 6,78 yang berhasil melampaui target dengan realisasi 6,22.

“Sebelumnya, target yang ditetapkan pada tahun 2023 sebesar 5,80. Capaian ini menunjukkan progres yang signifikan dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Agam,” ujarnya.

Selain itu, upaya penanganan stunting juga menjadi sorotan penting dengan prevalensi stunting pada balita sebagai indikator utama.

Meskipun target pada tahun 2022 sebesar 10,82, namun realisasinya jauh melampaui target yang mencapai 24,6. Laku, untuk tahun 2023, target yang ditetapkan sebesar 10,75.

“Dalam hal pengelolaan sumber daya pangan dan perikanan, dinas terkait telah menunjukkan kualitas output yang baik,” kata Dessy Adin.

Program pengelolaan dan pemasaran hasil perikanan menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan jumlah pelaku mencapai target sebanyak 318 orang.

Begitu juga dengan kegiatan penyediaan dan penyaluran bahan baku industri pengolahan ikan, yang berhasil mencapai target kinerja sebesar 27.640 ton.

Kedua program tersebut telah terbukti tepat sasaran, dengan indikator kinerja yang mampu mengukur ketercapaian ultimate outcome.

Dessy menekankan pentingnya mempertahankan momentum positif yang telah dicapai dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi program-program tersebut.

Harapannya, evaluasi tersebut menjadi landasan untuk penyempurnaan perencanaan dan penganggaran tahun berikutnya, sehingga pembangunan di Kabupaten Agam semakin merata dan berkelanjutan.

Kabupaten Agam terus komitmen untuk bergerak maju dalam menghadapi tantangan pembangunan.

Serta memastikan setiap langkah yang diambil berorientasi pada kesejahteraan dan kemajuan masyarakat secara menyeluruh.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait