Bergerak untuk Kesehatan, Inisiatif Dinas Kesehatan Kota Solok dalam Pelatihan Guru Olahraga

TOPSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan pemahaman akan pentingnya aktivitas fisik yang teratur dan benar, Dinas Kesehatan Kota Solok menggelar pelatihan khusus bagi para guru olahraga tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh Kota Solok.

Acara ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solok, Dr. Ns. Elvi Rosanti, S.Kep, M.Biomed, dan dihadiri oleh narasumber dari BKOM-Pelkes Provinsi Sumatera Barat, serta didampingi oleh Sub Koordinator Kesling Kesjaor, Despa Wildawati, MKM.

Dalam sambutannya, Elvi menegaskan bahwa kesehatan olahraga merupakan salah satu aspek krusial dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh melalui aktivitas fisik yang terencana.

Bacaan Lainnya

Program kesehatan olahraga juga dianggap sebagai indikator keberhasilan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Beliau menjelaskan bahwa pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, keinginan, dan kemampuan hidup sehat agar derajat kesehatan masyarakat mencapai tingkat optimal.

Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan upaya kesehatan yang menyeluruh, berjenjang, dan terintegrasi.

Metode pelatihan ini mencakup penyampaian materi oleh narasumber, diskusi, dan sesi tanya jawab. Ali Akbar, SKM, M.Kes, sebagai narasumber, menekankan bahwa aktivitas fisik teratur, seperti olahraga ringan hingga sedang yang dilakukan secara rutin dan teratur, memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Dia menyoroti bahwa salah satu penyebab utama Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti diabetes melitus, hipertensi, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, dan stroke, adalah kurangnya aktivitas fisik.

Ali menegaskan bahwa risiko PTM dapat diminimalkan dengan meningkatkan aktivitas fisik dalam kehidupan sehari-hari.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan bekal kepada para guru olahraga untuk meningkatkan kualitas pembinaan aktivitas fisik bagi siswa di pendidikan dasar di Kota Solok, sehingga tercapai tingkat kesehatan yang baik dan terukur sejak dini.

(Gra)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait