Tim Gabungan Polres Dharmasraya Berjaya Padamkan Karhutla di Nagari Sungai Dareh dan Koto Salak

TOPSUMBAR – Pada Jumat, 29 September 2023, Tim gabungan dari Polres Dharmasraya aktif berperan dalam upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang melanda Perkebunan sawit milik masyarakat di dua titik api di Nagari Sungai Dareh dan Nagari Koto Salak. Respons serius terhadap tantangan dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah dampak buruk dari kebakaran hutan terwujud melalui kehadiran tim ini.

Cuaca kering yang ekstrem dan angin yang tidak menentu memicu api menjalar dengan cepat, mengancam lingkungan dan kehidupan masyarakat setempat. Tim gabungan, terdiri dari petugas kepolisian dari Polres Dharmasraya dan pemadam kebakaran Kabupaten Dharmasraya, merespons kejadian ini dengan bekerja keras untuk memadamkan api yang telah menyebar ke area luas.

Kepala Kepolisian Resor Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, melalui Kabag OPS Kompol Eliswantri, memimpin upaya pemadaman ini. Beliau menyatakan bahwa Karhutla adalah ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. “Kami turun langsung ke lokasi kebakaran untuk bersama dengan tim Damkar Dharmasraya dan masyarakat setempat melakukan pemadaman api,” ucapnya.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Aprizal, seorang saksi yang melihat kejadian kebakaran ini, melaporkan bahwa sekitar pukul 16.00 WIB, pada saat dia hendak ke kebun miliknya yang melintasi jalan setapak kebun sawit milik Jalius Rangkayo Tangah, dia melihat ada titik api yang sedang menyala dan membakar lahan perkebunan sawit yang berusia 2 tahun milik Jalius Rangkayo Tangah. “Rerumputan yang kering di kebun tersebut baru saja dipotong dan kencangnya angin, menyebabkan api membesar secara cepat. Lalu, saya memberikan informasi tersebut kepada pemilik lahan, perangkat Nagari, dan Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Dareh,” ujar Aprizal.

Akhirnya, tim gabungan bisa mengendalikan dan memadamkan api di kedua nagari tersebut stelah beberapa jam bekerja keras. Sejauh ini tidak ada laporan mengenai korban jiwa dalam kejadian ini, kebakaran tersebut meninggalkan kerugian lingkungan yang perlu ditangani.

Pihak berwenang beserta petugas kepolisian berjanji akan melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk menentukan penyebab dari kebakaran hutan ini dan apakah ada unsur kelalaian dalam kejadian ini. (Humas Polres Dharmasraya).

Pos terkait