STQH Nasional XXVII 2023, Kontingen Sumbar Dilepas, Target Raih Prestasi Terbaik

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, dengan resmi melepas kontingen Sumbar yang akan berlaga dalam Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional XXVII tahun 2023 di Provinsi Jambi.

Dalam pesannya, Gubernur berharap agar para qori dan qori’ah Sumbar dapat mengikuti kompetisi dengan penuh ikhlas dan disiplin, dengan tujuan meraih hasil terbaik.

Mahyeldi menyampaikan bahwa STQH diadakan untuk mengevaluasi kemajuan dalam budaya membaca dan memahami Al-Quran serta hadis di setiap provinsi, sekaligus menjadi wadah silaturahim para qori dan qori’ah se-Indonesia.

Bacaan Lainnya

Oleh karena itu, kita harus menunjukkan bahwa Sumbar menjadi pelopor dalam pengembangan Al-Quran dan Hadis, sebagai salah satu bentuk nyata dari falsafah kita, Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah.

Gubernur juga menekankan pentingnya menjaga kedisiplinan dan kesehatan bagi kontingen Sumbar selama kompetisi, sehingga mereka dapat memberikan penampilan terbaik dan membawa pulang prestasi membanggakan untuk Sumbar di tingkat nasional.

Gubernur juga menambahkan target kita, sebagaimana disampaikan oleh Bapak Wakil Gubernur (Wagub) selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), adalah minimal meraih peringkat kesembilan. Keberhasilan ini sangat tergantung pada usaha dan ikhlas Lillahi Ta’ala dalam berkompetisi.

Sementara itu, dalam laporannya, Wagub Sumbar, Audy Joinaldy selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sumbar, mengungkapkan bahwa kontingen yang dikirim ke STQH tahun ini berjumlah 50 orang, terdiri dari 20 qori-qori’ah, 23 pendamping, dan 7 pelatih.

Mereka akan berangkat pada Sabtu 28 Oktober 2023 menuju Jambi untuk mengikuti rangkaian kompetisi mulai dari tanggal 29 Oktober hingga 7 November 2023 mendatang.

“Rekan-rekan sekalian diharapkan menunjukkan keunikan warga Sumbar sebagai provinsi yang ramah dan penuh senyum. Bangunlah komunikasi yang baik dengan kontingen dari daerah lain. Selain itu, jadilah duta pariwisata Sumbar. Sampaikan segala hal yang baik tentang daerah kita,” ucap Wagub Audy.

Wagub juga menegaskan bahwa pada pelaksanaan STQH tahun ini, Sumbar bertekad untuk mencapai peringkat minimal kesembilan, satu tingkat di atas capaian pada STQH sebelumnya di mana Sumbar berhasil meraih peringkat kesepuluh.

“Tentu kita berharap, rekan sekalian dapat melampaui target tersebut. Secara pribadi, saya juga telah menyiapkan reward khusus berupa beasiswa pendidikan hingga tamat kuliah bagi yang berhasil meraih juara 1. Bagi yang sudah kuliah, rewardnya akan diganti dengan bantuan biaya pernikahan,” tutur Wagub dengan semangat, yang disambut dengan antusiasme oleh para kontingen.

Tampak hadir dalam acara pelepasan kontingen Sumbar ke ajang STQH, Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbar, Hansastri; Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Al Amin; serta perwakilan dari Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumbar.

(adpsb/isq)

Pos terkait