Bupati Safaruddin Pimpin Upacara HAB ke-78 di Limapuluh Kota, Semangat Layanan dan Pengabdian

TOPSUMBAR – Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia berlangsung meriah di seluruh Indonesia pada Rabu 3 Januari 2024.

Meskipun cuaca mendung menyelimuti, Upacara HAB tingkat Kabupaten Limapuluh Kota di halaman MTsN 4 Limapuluh Kota, Bukik Sikumpa, berjalan dengan khidmat.

Upacara dihadiri oleh ratusan guru, siswa, dan pegawai Kemenag Limapuluh Kota, dengan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo sebagai inspektur upacara.

Bacaan Lainnya

Bertemakan “Indonesia Hebat Bersama Umat,” acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra, Kepala Kantor Kemenag Irwan, Ketua Baznas Yulius, dan tamu undangan lainnya.

Menteri Agama RI H.Yaqut Cholil Qoumas, melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Bupati Safaruddin, menyampaikan bahwa spirit ganda pada pergantian tahun dan peringatan Hari lahir Kemenag ke-78 ini harus diwujudkan melalui amal bakti yang semakin mendalam dan paripurna.

“Hari Amal Bakti bukan hanya sekadar nama, tetapi juga mengandung harapan dan tekad untuk mengabdikan diri kepada seluruh umat beragama. Pada peringatan HAB ke-78, mari tingkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita untuk mewujudkan cita-cita Kementerian Agama,” kata Bupati Safaruddin.

Sebagai institusi yang bertanggung jawab atas urusan pemerintahan di bidang agama dan pendidikan keagamaan, Bupati menyoroti tugas berat Kementerian Agama dalam menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional.

Selain itu, Kementerian Agama juga memiliki peran penting dalam membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama.

Pendekatan moderat dalam pendidikan agama dianggap sebagai pondasi kokoh dalam mencapai kerukunan umat beragama demi tercapainya tujuan pembangunan.

Pada HAB ke-78 ini, seluruh ASN Kementerian Agama diajak untuk meningkatkan semangat pelayanan kepada seluruh umat beragama. “Mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian,” seru Bupati Safaruddin.

Setelah Apel bersama, Bupati Safaruddin memberikan Piagam Penghargaan kepada Kepala Kantor Kemenag Limapuluh Kota Irwan atas dedikasinya dalam mendukung kontingen Kabupaten Limapuluh Kota yang meraih Juara Umum MTQ Nasional ke-40 tingkat Sumatera Barat.

Tidak hanya itu, bantuan beasiswa dari Baznas Limapuluh Kota juga diserahkan kepada 296 siswa binaan Kemenag Limapuluh Kota.

(Ton)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait