Rezka Oktoberia Apresiasi Langkah Inisiatif Baru Kementerian ATR-BPN di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Rezka Oktoberia, Anggota DPR RI dari Komisi II, memberikan apresiasi terhadap inisiatif baru yang telah dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) terkait sertifikasi pengelolaan tanah ulayat di Sumatera Barat.

Pernyataan ini disampaikan oleh Rezka saat menghadiri kegiatan penyerahan simbolis Sertifikat HPL Tanah Ulayat, yang berlangsung di Aula pertemuan Lawang Park, Nagari Matur, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, pada Selasa, 17 Oktober 2023.

Rezka Oktoberia, Anggota DPR RI dari Komisi II, dalam pidatonya menyatakan bahwa inisiatif ini sangat membantu masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah dan konflik yang berkaitan dengan tanah ulayat.

Bacaan Lainnya

Sertifikasi ini juga memberikan dasar hukum yang kuat bagi kepemilikan tanah ulayat di tengah masyarakat.

Rezka juga menekankan bahwa ini adalah pertama kalinya sertifikat hak pengelolaan tanah ulayat diberikan di Indonesia, dan program ini telah dimulai di Kabupaten Limapuluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar.

Menurut politisi dari Partai Demokrat, sertifikat ini akan memberikan legalitas resmi atas kepemilikan tanah dan melindunginya dari gangguan.

Selama kegiatan tersebut, Rezka Oktoberia, didampingi oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Ismet Amziz, SH, juga berusaha mendengarkan aspirasi masyarakat.

Sebagai wakil rakyat yang mendedikasikan diri untuk masyarakat, Rezka berkomitmen untuk terus melakukan yang terbaik bagi mereka.

Rezka menjelaskan bahwa program bantuan sosial (Bansos) telah dilaksanakan dalam tahap I dan II, dan untuk tahap III, pihaknya telah mengusulkannya agar dapat segera direalisasikan sehingga semua masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai pejabat, termasuk Kabag Tata Usaha, Mira Deswita S.S.IT, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Agam, Almarjan, S.H, M.M, Penata Pertanahan Madya, Meiven Indra, S.H, M.Hum, serta Anggota DPRD Provinsi, Ismet Amziz, SH. Juga, puluhan masyarakat dari sekitar Bukittinggi dan Kabupaten Agam yang menjadi penerima manfaat Sertifikat PTSL serta undangan lainnya.

(JA)

Pos terkait