Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95, Kolaborasi dan Keanekaragaman Menuju Indonesia Maju

TOPSUMBAR – Hari Sumpah Pemuda ke-95 tahun 2023 di Kabupaten Limapuluh Kota berlangsung dengan khidmat dan lancar.  Acara yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota pada Sabtu (28/10) itu dipimpin oleh Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo.

Peserta berasal dari berbagai organisasi pemuda, pelajar, ASN, dan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota, Deni Asra, S.Si, serta unsur Forkopimda, tokoh masyarakat, dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh Bupati, dan kemudian pembacaan Pembukaan UUD 1945 dan Ikrar Pemuda yang dibacakan oleh pemuda dari KNPI.

Bacaan Lainnya

Bupati Safaruddin, saat membacakan sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, menekankan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia”.

Logo HSP ke-95 menggambarkan barisan manusia yang melambangkan kolaborasi, dengan beragam warna yang mencerminkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.

Beliau menambahkan, heterogenitas ini merupakan sumber kekuatan untuk memajukan Indonesia. Pemuda harus terus melangkah menuju Indonesia maju dan berupaya menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.

Safaruddin juga menyoroti pentingnya setiap pemuda memiliki visi, misi, dan peran strategis untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berjalan lebih cepat.

Salah satu strategi paling efektif adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong royong lintas sektor.

Pada momen Hari Sumpah Pemuda ini, kita harus bersatu tekad, melibatkan semua pihak termasuk Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, Organisasi Kepemudaan, Komunitas, serta elemen lainnya.

Terakhir, mari kita manfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai kesempatan untuk membangkitkan semangat persatuan dan kebangsaan dalam keberagaman sesuai dengan tema Sumpah Pemuda, yang menggambarkan kolaborasi dan warna-warni.

Pada kesempatan ini, juga diberikan piagam penghargaan kepada pemuda pelopor Limapuluh Kota, serta hadiah kepada pemenang lomba program prioritas Pola Asuh Anak dan Remaja di Era Digital (PAAREDI), TP PKK Lima Puluh Kota, dan Gerakan Remaja Anti Narkoba dan Anti Rokok (GRANADAR).

(Ton)

Pos terkait