Pengawalan Aksi Damai, Kapolres Dharmasraya Turun Langsung Memimpin

TOPSUMBAR – Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhdaiansyah, S.I.K, didampingi Wakapolres Dharmasraya, Kompol Andri Nugroho Saputro, S.E, S.I.K, M.M, memimpin pengamanan aksi damai yang melibatkan ratusan warga dari Kenagarian Sikabau di Kantor Kejaksaan Negeri Dharmasraya di Pulau Punjung pada Selasa 10 Oktober 2023.

Masyarakat yang mengambil bagian dalam aksi damai ini menyuarakan protes terkait kriminalisasi hukum terhadap Wali Nagari Sikabau oleh pihak kejaksaan dan meminta penghentian penyidikan terhadap Wali Nagari Sikabau dan Niniak Mamak dalam kasus dugaan korupsi dana koperasi sawit nagari Sikabau.

Ketua koordinator lapangan, Danil, menyampaikan dalam orasi damai bahwa tidak ada bukti bahwa dana negara digunakan dan tidak ada pihak yang dirugikan, karena dana ini berasal dari kebun ulayat.

Bacaan Lainnya

Pengamanan aksi damai dilakukan dengan keterbukaan dan ketertutupan oleh personel Polres Dharmasraya, Brimob Batalyon C Sibinuang, dan TNI Koramil 03 Pulau Punjung.

Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhdaiansyah, S.I.K, turun langsung memimpin anggotanya untuk memastikan kelancaran dan keamanan aksi damai ini.

Kapolres menyatakan, “Kami mengutamakan pendekatan persuasif dan humanis dalam tugas pengamanan ini. Anggota kami diinstruksikan untuk mengikuti SOP yang berlaku. Kami bersikap netral dan berusaha memfasilitasi aspirasi masyarakat melalui pengawalan.”

Kapolres juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Sikabau yang telah secara damai menyampaikan aspirasinya di Kantor Kejaksaan Negeri Dharmasraya. “Hal ini telah menjaga ketertiban dan keamanan dengan baik.” ujarnya.

Aksi damai berakhir pukul 13.20 WIB, dan situasi terpantau aman serta terkendali. Kegiatan dilanjutkan dengan apel konsolidasi yang dipimpin oleh Kapolres Dharmasraya.

(YAN)

Pos terkait