MAN 1 Kota Pariaman Pimpin Gerakan Aksi Bergizi di Sekolah, Sehatkan Generasi Muda

TOPSUMBAR – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Pariaman dengan bangga menjadi tempat pelaksanaan Gerakan Nasional Aksi Bergizi di Sekolah tingkat Kota Pariaman, berkolaborasi erat dengan Dinas Kesehatan Kota Pariaman.

Kegiatan ini resmi dimulai pada pagi Senin 23 Oktober 2023 dengan pengukuhan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah.

Beliau didampingi oleh Pj. Wali Kota Pariaman, Roberia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman Rinalfi, Kepala Dinkes Provinsi Sumbar Lila Yanwar, serta Kepala Dinkes Kota Pariaman, Nazifah, dan jajaran lainnya.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Mahyeldi menekankan pentingnya memiliki generasi muda yang sehat dan memiliki gizi yang memadai sebagai fondasi utama untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada tahun 2045 mendatang.

“Generasi muda saat ini adalah tonggak ke depan dalam memimpin pembangunan nasional. Oleh karena itu, mereka perlu memenuhi kebutuhan gizi, dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani yang kokoh sebagai harapan bangsa,” ujar Mahyeldi.

Lebih lanjut, Mahyeldi menyampaikan bahwa tujuan dari aksi ini adalah untuk mengurangi kasus stunting di Indonesia dengan memberikan tablet penambah darah kepada seluruh remaja putri di negeri ini.

“Melalui konsumsi tablet penambah darah dan buah-buahan, kita berharap generasi berkualitas akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, kesehatan yang prima, kecerdasan, dan karakter yang terpelihara dengan baik,” tambahnya.

Pada acara ini, juga diumumkan pengangkatan duta kesehatan remaja dengan nama “Cik Uniang Gerak Segar Kopar dan Cik Ajo Gerak Segar Kopar”, yang akan berperan sebagai mediator untuk mengedukasi Aksi Bergizi di Sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur dan seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan Aksi Bergizi di Sekolah, terutama di MAN 1 Kota Pariaman.

Nazifah menyatakan bahwa program ini sudah menjadi agenda berkelanjutan Pemko Pariaman dan telah diterapkan di sekolah-sekolah lainnya untuk menciptakan generasi muda yang cemerlang di masa depan.

(Zaituni)

Pos terkait