Kunjungan Wakil Atase Kebudayaan AS ke Kota Pariaman, Potensi Kerjasama Bidang Sejarah dan Budaya

TOPSUMBAR – Seiring akan berakhirnya masa jabatan, Genius Umar, Wali Kota Pariaman, menyambut kedatangan Abraham Y. Lee, Deputy Cultural Attache America Direktor dari Embassy of The United States of America, yang datang dari Jakarta.

Pertemuan ini dilangsungkan di rumah dinas walikota Pariaman, yang terletak di Kelurahan Kampung Jawa II, Kecamatan Pariaman Tengah, pada malam hari Minggu 8 Oktober 2023.

Genius menyampaikan, “Saya mengapresiasi kunjungan Wakil Atase Kebudayaan Amerika di Kota Pariaman. Kunjungan ini juga menandai kunjungan terakhir saya sebagai Walikota Pariaman di rumah dinas ini.”

Bacaan Lainnya

Dia melanjutkan dengan menyebut banyak hal yang dapat bekerja sama dengan Amerika, termasuk sejarah, budaya, pendidikan, dan pariwisata.

Terlebih lagi, saat ini sedang dalam proses pembuatan museum Bahari yang berasal dari kapal perang yang digunakan oleh Amerika selama Perang Dunia II dan Perang Vietnam.

“Kita berharap dengan kedatangan Wakil Atase Kebudayaan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, kita dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita juga menyerahkan surat kepada Kedubes AS, untuk memajukan kerja sama di bidang Pendidikan dan sejarah.

Ini penting mengingat kita merupakan satu-satunya di Indonesia yang menjadikan kapal perang eks AS sebagai museum,” tutupnya.

Di sisi lain, Abraham Y. Lee, Wakil Atase Kebudayaan dari Kedubes AS, mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan kunjungannya yang pertama ke Sumatera.

Ia sangat tertarik dengan Kota Pariaman, yang sering menjadi rekomendasi bagi pihaknya untuk berkunjung.

“Kota Pariaman memiliki berjuta kekayaan budaya serta adat istiadat yang unik, dengan adanya keberagaman etnis Minangkabau yang sangat kuat. Selain itu, salah satu tempat yang ingin saya kunjungi di daerah ini adalah hutan mangrove dan penangkaran penyu yang berada di Desa Apar,” ulasnya.

Abraham juga mengungkapkan bahwa selain mengunjungi Kota Pariaman, besok siang mereka akan mengunjungi American Corners yang berada di Universitas Andalas Padang.

Harapannya, masyarakat Sumatera Barat dapat mengunjungi tempat ini untuk lebih mendalami pengetahuan tentang Amerika.

Dalam kunjungan malam ini, Genius Umar didampingi oleh Asisten II, Elfis Candra, Kepala Bagian Organisasi, Lia Lestari, Kabid e-Gove Dinas Kominfo Kota Pariaman, Reza Novandri, serta Ketua Program dari Kedubes AS untuk Indonesia, Yolia.

Genius Umar juga memberikan Batik Sampan khas Kota Pariaman kepada Abraham Y. Lee, sebelum melanjutkan dengan menikmati makanan sate khas Pariaman.

(Zaituni)

Pos terkait