Kreativitas Kuliner, Lomba Cipta Menu B2SA dan Lomba Masak Ikan di Kota Bukittinggi

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Bukittinggi, melalui Dinas Pertanian dan Pangan, menggelar Lomba Cipta B2SA (Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman) serta Lomba Masak Ikan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2023.

Penilaian dilaksanakan di Pedestarian Jam Gadang pada hari Kamis 12 Oktober 2023.

Ketua TP PKK, Ny. Fiona Agyta Erman Safar, selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Pangan (Forikan) Bukittinggi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memasyarakatkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang, dan aman dengan memanfaatkan sumber daya bahan lokal.

Bacaan Lainnya

Lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA) serta lomba masak berbahan ikan di tingkat Kota Bukittinggi ini rutin dilaksanakan setiap tahun.

“Harapannya, upaya ini dapat memberikan dampak yang lebih luas kepada masyarakat serta menciptakan kreativitas dan keanekaragaman dalam menu, cara pengolahan, dan perubahan pola menu makanan menjadi menu beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk dikonsumsi (B2SA),” ungkapnya.

Ny. Fiona Agyta menambahkan bahwa lomba ini diikuti oleh 3 orang Kader PKK dari setiap Kelurahan sebagai peserta Lomba Cipta Menu B2SA dan 3 orang Kader PKK sebagai peserta lomba masak berbahan ikan dari seluruh kelurahan Kota Bukittinggi.

Sementara itu, Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menyampaikan bahwa lomba Cipta B2SA dan lomba masak ikan ini diadakan oleh Pemerintah Kota Bukittinggi karena ikan dianggap memiliki kandungan vitamin yang lebih tinggi untuk pertumbuhan anak.

Kreativitas ini menjadi pemicu bagi masyarakat untuk menghasilkan inovasi dalam mengkonsumsi ikan setiap hari, sehingga dapat dijadikan menu makanan harian untuk meningkatkan gizi masyarakat dan menekankan penurunan kasus stunting.

“Dengan menyediakan bekal makan siang B2SA dan snack sehat untuk anak sekolah serta mendorong konsumsi ikan, kita mempersiapkan generasi emas menuju Bukittinggi yang lebih baik,” ungkapnya.

Wako menambahkan bahwa Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan program nasional yang dicanangkan untuk mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini.

Kandungan gizi yang melimpah pada ikan sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.

Tahun ini, Kota Bukittinggi mewakili Sumatra Barat untuk lomba forikan tingkat nasional yang terdiri dari tiga kategori, yaitu menu balita, menu kudapan, dan menu keluarga. Lomba ini akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

(JA)

Pos terkait