Kesiapan Kota Payakumbuh untuk Suksesnya Pemilu 2024, Pj Wako Jasman Memimpin Apel Pasukan

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota (Wako) Payakumbuh, Jasman, menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024 di Markas Kepolisian Resor (Polres) Payakumbuh pada Selasa 17 Oktober 2023.

Jasman menyatakan komitmen Pemerintah Kota Payakumbuh untuk bersinergi dengan semua pihak dan pemangku kepentingan (stakeholder) demi suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Salah satu tugas saya sebagai Pj Wako Payakumbuh adalah memastikan suksesnya penyelenggaraan pemilu, dengan keamanan dan kelancaran sebagai prioritas utama. Oleh karena itu, kerja sama dengan semua pihak dan stakeholder sangatlah penting,” kata Jasman pada Selasa 17 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Apel dipimpin oleh Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Payakumbuh, AKBP Wahyuni Sri Lestari. Hadir dalam kesempatan tersebut adalah Forum Komunikasi dan Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Payakumbuh, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Payakumbuh dan Lima Puluh Kota, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Payakumbuh, Jasman meminta agar bersama-sama berperan dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu tanpa terlibat dalam politik praktis.

Pj. Walikota Payakumbuh mempertegas bahwa jangan sampai ada ASN Kota Payakumbuh yang terlibat dalam politik praktis. Tetaplah bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kapolres Payakumbuh AKBP Wahyuni Sri Lestari menjelaskan bahwa apel gelar pasukan ini bertujuan untuk menunjukkan kesiapan dalam pengamanan setiap tahapan pemilu, termasuk pendaftaran, kampanye, pencoblosan, dan penetapan pemenang pemilu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, melalui Kapolres, menekankan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME serta berharap tugas pengamanan ini menjadi amal ibadah bagi semua yang terlibat.

Selain itu, penting untuk memastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarana dan prasarana, serta fasilitas penunjang lainnya agar dapat mendukung kelancaran operasi.

“Seluruh personel diharapkan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, dan profesional sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), dengan menerapkan sistem buddy guna memastikan keselamatan personel,” tambahnya.

Pimpinan di setiap tingkatan diinstruksikan untuk terlibat langsung di lapangan dalam melakukan pengawasan terhadap anggotanya.

Penting juga untuk mengatur jadwal pengamanan agar kesehatan personel tetap prima mengingat operasi ini berlangsung dalam rentang waktu yang cukup lama dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak.

Terakhir, Kapolres menekankan pentingnya komunikasi publik dan upaya memelihara suasana kondusif agar masyarakat berpartisipasi aktif dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024 serta terhindar dari polarisasi.

“Perkuat sinergi dan solidaritas di antara seluruh personel pengamanan dan stakeholder terkait, karena hal ini menjadi kunci keberhasilan operasi,” tandasnya.

Kapolres menekankan bahwa operasi ini akan memprioritaskan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta menegakkan hukum dengan tegas dan profesional untuk memastikan seluruh tahapan pemilu berjalan lancar, aman, dan kondusif.

(Ton)

Pos terkait