Jasman Penjabat Walikota Payakumbuh, Agenda dan Inovasi untuk Kemajuan Kota

TOPSUMBAR – Setelah sukses memimpin apel peringatan hari Kesaktian Pancasila, Jasman, Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh, langsung mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama seluruh Asisten, Staf Ahli, kepala OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Payakumbuh.

Senin, 2 Oktober 2023, merupakan hari pertama tugas Jasman sebagai Pj. Walikota Payakumbuh setelah dilantik sebagai orang nomor satu di lingkup pemerintah kota Payakumbuh selama setahun ke depan.

Jasman mengawali sambutannya dengan mengatakan, “Saya datang ke Payakumbuh untuk melaksanakan tugas negara. Tolong terima saya di sini, saya mohon izin masuk ke lingkup pemerintah kota Payakumbuh. Dan mari kita secara bersama-sama untuk bergandeng tangan dan saling mengingatkan dalam melanjutkan pembangunan kota Payakumbuh yang lebih maju lagi.”

Bacaan Lainnya

“Ketika berada di Kota Payakumbuh ini , saya telah masuk ke tempat orang-orang yang hebat. Hal ini karena kota Payakumbuh yang dijuluki kota Randang ini sudah memiliki segudang prestasi sejak dari dahulu. Dengan berbagai macam prestasi yang telah diukir ini tentu karena semangat dan etos kerja bapak dan ibu yang ada di sini untuk membawa kota Payakumbuh yang lebih maju lagi,” ungkapnya.

Sebagai Pj. Walikota Payakumbuh yang baru dikukuhkan, Jasman menyatakan bahwa ia memiliki tugas yang akan segera dikerjakan. Ia harus bergerak cepat dalam menjalankan program pemerintah dengan sebaik-baiknya.

“Dan juga, di antaranya bagaimana mempercepat kinerja untuk realisasi resapan anggaran 2024 agar cepat selesai. Serta dalam waktu dekat ini kota Payakumbuh akan memperingati hari jadinya, dan ini harus dapat kita persiapkan dengan matang mulai lebih awal,” ajaknya.

Jasman menyoroti inovasi yang ingin ia terapkan di lingkup pemerintah kota Payakumbuh. Ia bertanya kepada rekan-rekan ASN yang hadir, “Apakah OPD di sini memiliki rapor? Jadi, setiap tiga bulan sekali OPD akan memberikan rapor yang tujuannya adalah untuk memotivasi rekan-rekan ASN pada OPD masing-masing agar semangat mereka lebih baik dalam bertugas,” terangnya.

“Ikuti saya, mohon kepada bapak Sekretaris Daerah untuk dapat memfasilitasi hal ini. Sehingga nanti di bulan Desember kita (OPD) semua akan menerima rapor kinerja,” ujarnya lanjut.

Menurut Jasman, sistem rapor yang menjadi pedoman hasil kinerja setiap tiga bulan sekali akan sangat efektif untuk memacu percepatan dan performa kinerja ASN di lingkup pemerintah kota Payakumbuh. Ia juga menekankan bahwa bagi ASN yang mendapat nilai terbaik, akan diberikan reward atau penghargaan sebagai bentuk apresiasi.

Mengenai pemilu serentak 2024 yang waktunya sudah dekat, Jasman mengingatkan kepada seluruh ASN Pemko Payakumbuh untuk dapat menjaga netralitas agar terciptanya pemilu yang aman dan damai.

Di akhir sambutannya, Jasman tidak bosan untuk mengajak seluruh ASN di lingkup Pemko Payakumbuh untuk bisa bekerja lebih maksimal dan berkoordinasi lebih erat lagi, sehingga tercapainya kolaborasi yang solid untuk kita semua,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Rida Ananda dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh ASN di lingkup Pemko Payakumbuh untuk dapat membantu Pj. Walikota Payakumbuh Jasman dalam melaksanakan tugas dan program kerja sebaik mungkin demi kemajuan kota Payakumbuh ke depan.

(Ton)

Pos terkait