Gubernur Sumatera Barat Hadiri Dies Natalis ke-69 UNP, Tantangan dan Inovasi di Era Perubahan

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Asnharullah, mengajak seluruh komunitas akademik Universitas Negeri Padang (UNP) untuk bekerja sama erat dengan Pemerintah Daerah (Pemda) di Sumbar.

Tujuannya adalah menghasilkan inovasi sebagai respons terhadap perubahan dan perkembangan zaman yang terjadi dengan cepat di berbagai sektor.

Pernyataan ini disampaikan Mahyeldi saat menghadiri Peringatan Dies Natalis UNP ke-69 pada Senin, 23 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

“Melihat perubahan yang begitu cepat dalam berbagai aspek, mulai dari sosial, ekonomi, politik, media, hingga pendidikan, maka tugas UNP bersama Pemda di Sumbar adalah menjadi garda terdepan dalam berinovasi. Dengan demikian, lulusan UNP akan memiliki daya saing yang lebih baik di masa depan,” ungkap Gubernur dalam sambutannya di Auditorium UNP.

UNP, yang kini berusia 69 tahun, menurut Gubernur Mahyeldi, telah mencapai kedewasaan dengan akreditasi unggul, dan telah menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Sumbar.

Kini, UNP semakin lengkap dengan kehadiran berbagai jurusan dan program studi baru di jenjang S1, S2, hingga S3. Bahkan, Fakultas Kedokteran (FK) juga telah resmi dibuka.

“Usia 69 tahun adalah usia yang matang. Berbagai terobosan luar biasa telah dilakukan sehingga semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu universitas terbaik di Sumatera Barat.

Namun, perlu diingat bahwa mempertahankan status sebagai salah satu yang terbaik bukanlah tugas yang mudah,” peringatkan Gubernur.

Meskipun demikian, Gubernur Mahyeldi yakin bahwa UNP akan terus berkembang dan berkiprah secara profesional dengan langkah-langkah yang selaras.

Dengan demikian, visi UNP sebagai “UNP Jaya dan Bermartabat” akan semakin kuat terwujud.

“UNP harus menjadi contoh dalam menghasilkan inovasi, menata kurikulum, dan metode pendidikan untuk menciptakan SDM unggul, kompetitif, dan berkualitas. Selain itu, UNP juga harus menjadi contoh dalam upaya riset dan hilirisasi agar manfaatnya dirasakan oleh masyarakat,” ujar Gubernur.

Gubernur Mahyeldi juga berharap agar UNP terus berkontribusi dalam mewujudkan misi Sumbar Madani yang Unggul dan Berkelanjutan.

Semua ini dapat tercapai melalui kesepakatan untuk maju bersama, berinovasi, bermutu, maju, dan bermartabat.

“Pemprov Sumbar akan terus bersinergi dan memberikan dukungan demi mewujudkan UNP sebagai Universitas Bermartabat dan Bereputasi Internasional. UNP harus menjadi lembaga pembentuk karakter akhlak mulia, kedisiplinan, tanggung jawab, bersemangat gotong royong, serta bersemangat persatuan. UNP juga harus menjadi Kampus Merdeka yang bertanggung jawab dan mampu berkiprah dalam berbagai hal,” ucap Gubernur lagi.

Pada akhir sambutannya, Gubernur mengingatkan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) semakin dekat. Oleh karena itu, ia berharap agar keluarga besar UNP dapat menjadi contoh dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan, serta saling menghargai dalam berdemokrasi.

Turut hadir dalam peringatan Dies Natalis tersebut, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Prof. Ir. Nizam, M.Sc, DIC, Ph.D., IPU, ASEAN.Eng; Rektor UNP Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd.,Ph.D, Ketua Wali Amanat Universitas Negeri Padang Prof. Z Mawardi Effendi, M.Pd, serta Para Dosen dan Sivitas Akademika UNP.

(adpsb)

Pos terkait