Gubernur Sumbar Menggebrak Konsep Baru Tour de Singkarak untuk Kesejahteraan Masyarakat

Gubernur Sumbar Menggebrak Konsep Baru Tour de Singkarak untuk Kesejahteraan Masyarakat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mencetuskan ide untuk merekonseptualisasi TdS agar bisa menjadi bagian dari rangkaian prestisius Indonesia Cycling Series (ICS) 2024.

Pada pertemuan dengan penyelenggara ICS 2024 di Istana Gubernur Sumbar pada Rabu 7 Februari 2024, Mahyeldi menyampaikan konsep baru TdS.

Gubernur menyampaikan konsep baru TdS akan lebih memfokuskan pada unsur pariwisata.

Bacaan Lainnya

Mengundang lebih banyak peserta pecinta sepeda, dan memperpanjang durasi kegiatan menjadi tiga hari diharapkan dapat berdampak positif bagi masyarakat.

Hal ini sebagai jawaban atas perdebatan seputar dampak yang dirasakan oleh masyarakat akibat pelaksanaan TdS sebelumnya yang lebih berorientasi pada ajang kejuaraan.

Dalam rangkaian ICS 2024, TdS diharapkan mampu menyatukan 80% peserta dari kalangan pecinta sepeda dan 20% lainnya dari kalangan pebalap profesional.

Dengan mengedepankan unsur pariwisata, konsep baru ini diharapkan dapat membawa lebih dari 1.600 peserta yang akan menetap di Sumbar selama tiga hari.

Ia berharap rencana penyelenggaraan TdS dalam rangkaian ICS dapat berlangsung bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Provinsi Sumbar pada 1 Oktober 2024.

Dengan begitu, dapat semakin menguatkan partisipasi berbagai pihak dan membuka peluang pasar bagi destinasi pariwisata serta produk UMKM Sumbar.

Santi dari Fiva Sport Indonesia, penyelenggara ICS 2024, pun mendukung penuh langkah inovatif ini.

Menurutnya, TdS dengan konsep baru akan membawa manfaat besar bagi masyarakat dan pemerintah daerah melalui penerimaan pajak.

Selain itu, potensi pariwisata, kuliner, dan rute jalan yang menantang di Sumbar dianggap menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah sejumlah pejabat penting di lingkungan Pemprov Sumbar.

Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar, Kabiro Administrasi Pimpinan Setdaprov Sumbar, Kabid Promosi Dinas Pariwisata juga turut hadir.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait