Bukittinggi Raih Penghargaan Inklusi Keuangan, Langkah Positif untuk Masyarakat Sejahtera

TOPSUMBAR – Walikota Bukittinggi menyampaikan apresiasinya terhadap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat atas upaya dalam melaksanakan kegiatan literasi dan inklusi keuangan di Kota Bukittinggi.

TPAKD Kota Bukittinggi dinobatkan sebagai salah satu daerah kota di Sumatera Barat yang meraih penghargaan dalam hal ini.

Apresiasi ini disampaikan melalui Sekretaris Daerah Bukittinggi, Martias Wanto dt. Maruhun, setelah menerima penghargaan tersebut pada peringatan puncak Bulan Inklusi Keuangan (BIK) di halaman kantor Gubernur Sumatera Barat pada 29 Oktober 2023.

Bacaan Lainnya

Martias Wanto menjelaskan bahwa penilaian dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Barat sempat tertunda sejak tahun 2016 dan baru dilaksanakan kembali pada tahun 2023.

Tahun ini, Kota Bukittinggi menjadi satu-satunya kota di kategori tersebut yang meraih penghargaan di Sumatera Barat.

Salah satu program utama Pemerintah Kota Bukittinggi adalah kerjasama dengan BPRS Jam Gadang melalui program tabungan Utsman, yang memberikan pinjaman tanpa bunga dan tanpa jaminan.

Program ini bertujuan untuk mencegah masyarakat terjerat dalam hutang rentenir yang dapat merugikan mereka.

Plt Kepala OJK Sumatera Barat, Untung Santoso, menjelaskan bahwa OJK bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait dalam melaksanakan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) dengan tema “Akses Keuangan Merata, Masyarakat Sejahtera”.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan layanan Jasa Keuangan serta untuk mendorong peningkatan jumlah rekening dan penggunaan produk dan layanan jasa keuangan.

(JA)

Pos terkait