Tinjau Gudang Bulog Tanjung Pati, Bupati Pastikan Penyaluran Beras Bapanas di Limapuluh Kota Lancar

Tinjau Gudang Bulog Tanjung Pati, Bupati Pastikan Penyaluran Beras Bapanas di Limapuluh Kota Lancar
Tinjau Gudang Bulog Tanjung Pati, Bupati Pastikan Penyaluran Beras Bapanas di Limapuluh Kota Lancar

TOPSUMBAR – Guna memastikan penyaluran bantuan beras Badan Pangan Nasional (BAPANAS) berjalan lancar, Bupati Limapuluh Kota H.Safaruddin Dt.Bandaro Rajo bersama Pimpinan Cabang Bulog Bukittinggi Sri Wahyuni dan Kepala Pos Payakumbuh Titik Pelita melaksanakan peninjauan stok beras di Gudang Bulog Tanjung Pati, pada Jum’at, 15 September 2023 siang.

Peninjauan tersebut merupakan tindak lanjut hasil rapat yang dipimpin Bapak Presiden RI, Joko Widodo pada tanggal 31 Agustus 2023 serta surat Sekretaris Kabinet Nomor B.0441/Seskab/Ekon/09/2023 tanggal 2 September 2023 perihal Percepatan Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Pangan Beras bagi masyarakat penerima manfaat.

Tidak hanya itu, penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) sebanyak 213.530 ton secara nasional tersebut juga menjadi salah satu upaya penurunan stunting di daerah.

Bacaan Lainnya

Bupati menyampaikan kepada awak media, jika penyaluran CPP merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan akses pangan bagi masyarakat.

“Selain bertujuan untuk memberikan jaminan atas pangan terutama bagi masyarakat yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), penyaluran CPP bersama Perum Bulog dan Pos Indonesia dapat mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan sasaran sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan dan mengintervensi harga beras yang beberapa waktu belakangan mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Melalui penyaluran bantuan ini, Bupati Safaruddin berharap distribusi bantuan tersebut dapat terselenggara dengan cepat dan merata. Bupati mengucapkan terimakasih atas atensi dan bantuan yang diberikan Perum Bulog dan Pos Indonesia, sehingga bisa memastikan penyaluran bantuan tepat sasaran dan tepat waktu.

Sementara itu, Sri Wahyuni menyampaikan Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) menugaskan Perusahaan Umum (Perum) Bulog bersama Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota melalui Dinas Pangan dan Dinas Sosial serta PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Payakumbuh menyalurkan Program CPP untuk Pemberian Bantuan Pangan tahun 2023 yang menyasar 40.470 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di Kabupaten Limapuluh Kota untuk periode September.

“Bantuan beras yang disalurkan Perum Bulog dilakukan pengecekan kondisi kualitas dan kuantitasnya sebelum diserahterimakan dengan menggunakan komoditas beras medium dengan kemasan 10 kg, yang kemudian dilakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dan transporter yang ditunjuk yaitu PT. Pos Indonesia untuk mendistribusikan beras bantuan pangan sesuai dengan penunjukan wilayah kerja masing-masing,” paparnya. (Ton)

Pos terkait