“Rang Solok Baralek Gadang”, Event Tahunan yang Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara 2023

"Rang Solok Baralek Gadang", Event Tahunan yang Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara 2023. (Foto : Captured Youtube Dinas Pariwisata Kota Solok)
"Rang Solok Baralek Gadang", Event Tahunan yang Masuk Kalender Kharisma Event Nusantara 2023. (Foto : Captured Youtube Dinas Pariwisata Kota Solok)

TOPSUMBAR – Event Rang Solok Baralek Gadang akan kembali digelar 16-18 September 2023 mendatang, beragam kesenian dan keterampilan akan menghiasi acara yang biasanya digelar di hamparan persawahan.

Rang Solok Baralek Gadang ini merupakan salah satu event pariwisata Sumbar yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara 2023.

Akan ada beragam penampilan menarik dalam event ini, grup sanggar asal kota Pariaman Darak Badarak yang telah berhasil menjadi pemenang di Indonesia Got Talent (IGT) 2023, juga turut hadir memeriahkan acara tahunan tersebut.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya Rang Solok Baralek Gadang saja, akan ada tiga event lainnya yakni Sawahlunto Internasional Songket Silungkang Carnival (SISSCA) di Kota Sawahlunto, festival Pesona Minangkabau (Kab. Tanah Datar) dan yang terbaru tahun ini adalah Payokumbuah Botuang Festival (Kota Payakumbuh).

Dikutip dari akun instagram Dinas Pariwisata Sumbar pada Senin, 11 September 2023, berbeda dengan festival lain yang juga menghadirkan adat istiadat Minangkabau, Rang Solok Baralek Gadang mengambil dari berbagai objek budaya dan pengetahuan lokal yang berhubungan dengan ketahanan pangan.

Dispar Sumbar menyebutkan, ada beragam penampilan spesial dalam event Rang Solok Baralek Gadang ini, adanya penampilan dari Darak Badarak peraih juara 2 IGT 2023. Kemudian juga penampilan Orkes Taman Bunga, Tari Massal Crescent Theather x Sirasook dan Dance Theatre (Thailand), Legasi Seni (Malaysia).

Selanjutnya, juga Ada penampilan Teras Ansamble (Pontianak, Kalimantan Barat), Dance by Dya (Bandung), Adi Karya Dance Compani (Medan), dan penampilan tradisional di Kota Solok. (MHF)

Pos terkait