Peletakan Batu Pertama SMK Kesehatan Negeri Akabiluru oleh Gubernur dan Bupati Sumatera Barat

Peletakan Batu Pertama SMK Kesehatan Negeri Akabiluru oleh Gubernur dan Bupati Sumatera Barat
Peletakan Batu Pertama SMK Kesehatan Negeri Akabiluru oleh Gubernur dan Bupati Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi, bersama Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt.Bandaro Rajo, melaksanakan peletakan batu pertama untuk 6 ruang kelas di SMK Kesehatan Negeri Akabiluru pada Rabu, 20 September 2023.

Selain ruang kelas, ada rencana tambahan pembangunan ruang guru dan berbagai fasilitas pendukung lainnya di sekolah yang baru diresmikan pada 2022.

Inisiatif pembangunan di sekolah kejuruan kesehatan satu-satunya di Sumatera Barat ini merespon kunjungan Gubernur Mahyeldi pada Juli, ke lokasi sekolah di Jorong Koto Baru, Nagari Sariak Laweh.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Gubernur Mahyeldi menekankan bahwa infrastruktur yang memadai akan mendukung proses pendidikan dan meningkatkan prestasi siswa di SMK Kesehatan Akabiluru.

“Kami berharap pembangunan ini selaras dengan inovasi dari sekolah dalam mempersiapkan lulusan berkeahlian khusus dan mahir bahasa asing,” ujarnya.

Gubernur, yang akrab disapa Buya, juga mendorong kepala sekolah untuk berkolaborasi dengan pihak ketiga agar lulusannya mendapat pekerjaan.

“Pemprov berencana bekerja sama dengan Global Catalyst untuk membuka lapangan pekerjaan di sektor kesehatan, terutama di Uni Eropa, Jepang, dan Korea.

Harapannya, lulusan SMK Kesehatan Akabiluru memenuhi kriteria yang diperlukan oleh Global Catalyst,” tuturnya.

Bupati Safaruddin menekankan bahwa gedung baru akan meningkatkan fasilitas pembelajaran.

“Banyak warga Limapuluh Kota berkeinginan menyekolahkan anaknya di sini, tetapi terhalang keterbatasan fasilitas. Kami harap pembangunan lanjutan ini menarik lebih banyak minat siswa untuk belajar di bidang kesehatan,” katanya.

Bupati juga mengajak masyarakat setempat untuk mendukung pembangunan sekolah dan berkomunikasi dengan pekerja.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Barlius, Anggota DPRD Limapuluh Kota Yos Sariadi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Afri Efendi, unsur Forkopimca Akabiluru, serta Wali Nagari se-Akabiluru.

(Ton)

Pos terkait