Walikota Pariaman Jadi Dosen Penguji Program Doktor Ilmu Lingkungan Mahasiswa Pasca Sarjana UNP

Walikota Pariaman Jadi Dosen Penguji Program Doktor Ilmu Lingkungan Mahasiswa Pasca Sarjana UNP
Walikota Pariaman Jadi Dosen Penguji Program Doktor Ilmu Lingkungan Mahasiswa Pasca Sarjana UNP

TOPSUMBAR – Genius Umar Dosen Penguji Program Doktor Mahasiswa Pasca Sarjana UNP (Universitas Negeri Padang). Peraih gelar Profesor yang sehari-hari menjalankan tugas dan kewajibanya sebagai Wali Kota Pariaman ini, juga tidak ketinggalan dalam melaksanakan kewajibanya sebagai dosen penguji, dimana kali ini, dirinya menjadi dosen pembahas dari ujian tertutup Program Doktor Ilmu Lingkungan, di Gedung Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang, Air Tawar, Kota Padang, Sumatera Barat, Jum’at, 18 Agustus 2023.

Dirinya dipercaya menjadi salah satu Dosen Pembahas seminar hasil disertasi Program Doktor Sekolah Pasca Sarjana UNP, atas nama Afrizon Putra, S.Pd, M.Si, dengan Judul disertasi akhir yang diuji tentang “Model Pemanfaatan Ruang Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil Kota Pariaman, Berdasarkan Kriteria Biofisik Lingkungan Secara Berkelanjutan”.

“Hari ini, Kembali kami mendapat kehormatan menjadi salah satu dosen penguji ujian hasil desertasi mahasiswa program Doktor Ilmu Lingkungan,di Universitas Negeri Padang, dimana dari model yang disampaikan, kiranya banyak hasil yang didapat, dan perlu kajian yang lebih mendalam untuk dapat dipakai sebagai rujukan dalam pengambilan kebijakan,” ujarnya.

Bacaan Lainnya

Genius menuturkan perlunya enalisis kualitatif terhadap model yang disampaikan, karena itu, penelitian Doktor itu, tidak bisa mutlak hanya kuantitatif saja, intinya adalah kualitatif itu untuk memudahkan data-data yang dikumpulkan, hasil prosesing dari kuantitatif tersebut, baru kita kualitatif dulu baru kita kuantitafkan Kembali, ungkapnya.

“Saya pikir, saya cukup bahagia dengan hasil dari Model yang dipaparkan ini, karena hasilnya cukup mendalam, tetapi memaknai dari model yang dihasilkan belum maksimal, dan perlu perbaikan untuk kedepannya,” ungkapnya.

Genius menjelaskan Kota Pariaman baru-baru ini telah mendapat Penghargaan Anugerah Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia, pada acara Anugerah UI Green City Metric Rankings Tahun 2023, dan factor penunjang untuk penghargaan tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pendamping pada model yang dibahas, tutup peraih gelar Doktor dari IPB ini.

Prof. Dr. H. Genius Umar, S.Sos, M.Si, dipercaya sebagai dosen penguji bersama dengan 3 dosen penguji lainya, antara lain Prof. Dr. Dedi Harmon, MP, sebagai Promotor, Prof, Dr. Indang Dewata, M.Si, sebagai Co Promotor dan satu lagi sebagai Dosen Pembahas yang sama dengan beliau yaitu Prof. Dr. Eri Barlian, MS. (Zaituni)

Pos terkait