Rangkaian HUT RI ke-78 di Gunung Medan Berlangsung Meriah, Angkat Tema Seni Budaya dan Kearifan Lokal

TOPSUMBAR – Merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke 78, masyarakat Nagari Gunung Medan berkolaborasi dengan Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dan Universitas Andalas Padang.

Dalam perayaan HUT RI ke-78 kali ini, masyarakat Gunung Medan merasa sangat terhibur dengan suguhan aksi memukau festival seni budaya dan festival kuliner Tambang Boyo.

Acara seni budaya yang dimulai sejak Jumat 18 Agustus 2023 malam di Lapangan Sepakbola Datuk Nan IX nampak berlangsung meriah. Dimana pergelaran seni budaya yang ditampilkan mendapat apresiasi dan tepuk tangan yang meriah dari masyarakat maupun tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Dari informasi yang dihimpun Topsumbar di lokasi, para mahasiswa dari dua universitas besar di Sumatera Barat tersebut dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mewujudkan Tri Darma pendidikan, mereka melakukan pengabdian kepada masyarakat, memberikan pertunjukan seni budaya dengan menggabungkan sejumlah tari tradisional dari Suku Minang dan Jawa.

“Kita di Nagari Gunung Medan ini terdiri dari Suku Minang dan Jawa, apa yang ditampilkan remaja Gunung Medan melalui tari kreasi seni, binaan para mahasiswa ini tentu menjadi kebanggaan bagi kami, kalau saya melihat nilai kebhinekaan tunggal Ika, berbeda-beda tetap satu itu ada di tari kreasi tersebut,” ucap Mudasrianto selaku Ketua Pemuda Gunung Medan yang akrab disapa Atia.

Tidak hanya seni budaya, kuliner khas Nagari Gunung Medan pun turut menjadi event dalam memeriahkan acara peringatan HUT kemerdekaan RI ini, dimana para masyarakat dan tamu undangan terutama mahasiswa bisa mengenal dan mencicipi kuliner berbahan dari beras ketan yang dimasak dengan cara yang unik.

“Festival kuliner yang digelar ini tentu menjadi event positif bagi masyarakat dan nagari, tentunya dengan ada event ini sekaligus memperkenalkan budaya serta salah satu kuliner khas Gunung Medan yakni Tambang Boyo keluar daerah melalui para mahasiswa ini tentunya,” katanya.

Dirinya berharap, ke depannya acara-acara yang sarat akan seni budaya, kearifan lokal akan digali lagi dan Insya Allah akan dijadikan event tahunan di nagari, sambungnya.

Kemeriahan HUT kemerdekaan Republik Indonesia kali ini tidak terlepas dari kerjasama yang baik dari para mahasiswa dan seluruh pemuda Nagari Gunung Medan dimana selaku ketua pemuda Gunung Medan yang baru-baru ini dikukuhkan, Atia dengan visi dan misinya berharap peranan pemuda dalam nagari sebagaimana mestinya dapat difungsikan kembali.

“Tidak ada lagi istilah pendatang dan pribumi, itu yang ingin kita angkat sebagai pesan moral di acara peringatan HUT kemerdekaan RI ini, saya atas nama ketua pemuda Gunung Medan menyampaikan serta mengajak seluruh pemuda nagari Gunung Medan untuk bersama ke depannya membangun nagari,” ucap Atia tegas.

Selain pentas seni budaya, festival kuliner Tambang Boyo, panitia acara HUT RI ke 78 yang terdiri dari pemuda dan mahasiswa juga mengadakan pawai dengan tema perjuangan pahlawan nasional pada Senin tanggal 21 Agustus 2023 pagi, di malamnya akan menjadi acara bertabur hadiah melalui hiburan KIM yang didatangkan langsung dari Kota Padang.

Pos terkait