PS. Pemprov Sumbar Berhasil Raih Juara I pada Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup 2023

PS. Pemprov Sumbar Berhasil Raih Juara I pada Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup 2023
PS. Pemprov Sumbar Berhasil Raih Juara I pada Turnamen Sepak Bola Gubernur Cup 2023

TOPSUMBAR –  PS. Pemprov Sumbar berhasil menundukkan tim kuat PSAD Korem Wirabraja 032 di partai final, Persatuan Sepak Bola Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (PS. Pemprov Sumbar) keluar sebagai juara I Turnamen Sepakbola Piala Gubernur Cup 2023, dengan skor 3-2, pada Selasa, 16 Agustus 2023.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah mengucapkan terima kasih kepada Forkopimda Sumbar dan pihak-pihak yang ikut terlibat dalam penyelenggaraan Turnamen Sepakbola Gubernur Cup tahun ini.

Termasuk juga ucapan terima kasih kepada BUMN serta BUMD dan perusahaan lainnya yang telah bertindak sebagai pihak sponsor pada penyelenggaraan Turnamen Sepakbola Gubernur Cup antar instansi tahun 2023 ini.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi tidak memungkiri, tim atau klub yang terlibat dalam turnamen ini sangat terbatas dimana hanya diikuti oleh 17 tim. Hal ini dikarenakan waktu penyelenggaraannya yang terbatas, yakni sembilan hari jelang HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2023.

Namun, Mahyeldi menyatakan, untuk penyelenggaraan turnamen Gubernur Cup tahun depan akan banyak melibatkan tim dan klub sepakbola. Bahkan mungkin bisa 32 tim atau klub. Tentunya, persiapannya juga harus disiapkan sejak jauh-jauh hari degan rentang waktu yang agak panjang.

Mahyeldi menilai selama penyelenggaran turnamen ini, permainan yang ditampilkan oleh masing-masing tim terlihat mengerahkan seluruh tenaga dan kemampuan terbaiknya. Menurutnya itu sesuai dengan semangat penyelenggaraan kegiatan ini, yakni untuk memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Itu dibuktikan dengan sengitnya pertandingan pada setiap laga. Bahkan skor akhir dari setiap laga rata-rata berselisih satu hingga dua gol saja,” ungkapnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumbar, Maifrizon mengucapkan terima kasih kepada, Forkopimda yang terlibat dalam turnamen ini. Termasuk juga BUMN dan BUMD dan perusahaan-perusahaan yang telah menjadi sponsor Turnamen Sepakbola Gubernur Cup Antar Instansi Tahun 2023

Maifrizon mengatakan, turnamen ini digelar selama 9 hari memperebutkan Piala Gubernur Sumbar dan juga merupakan rangkaian kegiatan memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

“Alhamdulillah penyelenggaraan turnamen ini lancar aman tertib dan sukses. Kita apresiasi pihak pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Ada Bank Nagari, Hotel Santika, Aqua dan Semen Padang,” ungkapnya.

Jalannya Pertandingan Partai final yang mempertemukan PS. Pemprov Sumbar dan PSAD Korem 032 Wirabraja berlangsung sengit. Kedua tim menampilkan pertandingan menarik di Stadion H. Agus Salim. Kejar-mengejar gol sempat terjadi.

Pemprov Sumbar unggul lebih dulu lewat pemain nomor punggung 19 atas nama Ferdinal Yandri pada menit ke 2. Kemudian dibalas oleh PSAD 032 pada menit 27 melalui tendangan pemain nomor punggung 11 Riko Sasatra.

Tidak bertahan lama, kemudian PS. Pemprov Sumbar kembali membuat keunggulan dengan brace Ferdinal Yandri pada menit ke 28. Permainan berakhir dengan keunggulan PS. Pemprov Sumbar skor 2-1 hingga turun minum.

Pada babak kedua, tensi permainan sedikit menurun. Kemudian ada pergantian pemain di lini depan PS. Pemprov Sumbar, pelatihnya memasukan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah dengan nomor punggung 1 Tidak selang berapa lama, ritme permainan kembali tinggi pada menit ke 50.

Tidak lama kemudian, Pemprov Sumbar kembali menambah keunggulan akibat gol bunuh diri pemain PSAD 032. Kemudian dari PS. Pemprov Sumbar kembali terjadi pergantian sejumlah pemain, dimana mereka memasukan penyerang tambahan nomor punggung 2 atas nama Audy Joinaldy yang juga Wakil Gubernur Sumbar.

Akhirnya gol tambahan untuk PSAD 032 datang juga pada menit ke 58 melalui pemain nomor punggung 19 atas nama A. Fadli. Hingga peluit panjang ditiup wasit tidak ada lagi gol tercipta.

Dengan hasil tersebut menasbihkan Pemprov Sumbar keluar sebagai juara satu turnamen yang rencananya digelar setiap tahun tersebut. Pemprov Sumbar berhak mendapatkan hadiah sebanyak Rp15 juta rupiah ditambah medali.

Sementara PSAD 032 Wirabraja tampil sebagai juara 2. Mereka meraih medali dengan tambahan uang tunai senilai Rp10 juta.

Sementara pada laga lainnya untuk memperebutkan posisi ketiga dan empat, Polda Sumbar berhadapan dengan Kota Sawahlunto, hasilnya Polda Sumbar berhasil menundukan Kota Sawahlunto dengan skor mencolok 7-1.

Atas capaian tersebut, Polda Sumbar menempati posisi ketiga mendapatkan medali ditambah uang tunai Rp5 juta. Sedangkan Kota Sawahlunto menempati posisi ke empat dan berhak mendapatkan hadiah Rp2,5 juta rupiah.

Selain itu, untuk pemain terbaik dicatatkan atas nama Riko Sastra PSAD 032, mendapatkan uang pembinaan Rp1 juta. Kemudian pencetak gol terbanyak atas nama Boti Firdaus dari Polda Sumbar berhak mendapatkan uang pembinaan Rp1 juta rupiah. (adpsb)

Pos terkait