Kunjungan Forkopimda Sumbar ke Papua Barat Daya, Memperkuat Solidaritas Kebangsaan

TOPSUMBAR – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Barat (Forkopimda Sumbar) telah menjadwalkan kunjungan ke Provinsi Papua Barat Daya pada tanggal 14-17 November mendatang.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan bahwa pertemuan dengan masyarakat dan perantau Minang di daerah tersebut sudah termasuk dalam jadwal kunjungan.

“Kita telah menjadwalkan kunjungan selama empat hari ke Papua Barat Daya bersama Forkopimda Sumbar. Rencananya, kita akan mengunjungi Pos Satgas Yonif 133/YS di Kabupaten Sorong. Di sana, kita akan mengadakan pertemuan dengan masyarakat, perantau, dan tokoh Minang, dan juga berencana mengunjungi Raja Ampat,” ucap Gubernur Mahyeldi usai Diskusi Grup Terpumpun Forkopimda Istana Gubernuran, Kamis 9 November 2023.

Bacaan Lainnya

Dalam kunjungan ini, Gubernur menyebutkan bahwa Forkopimda akan membawa bingkisan buku untuk masyarakat, serta rendang untuk prajurit yang bertugas di daerah tersebut.

Namun, karena pertimbangan keamanan dan jarak tempuh, direncanakan hanya tiga pos pengamanan yang akan dikunjungi, yaitu Pos Kotis, Pos Kisor, dan Pos Imsum.

“Kami akan membawa buku dan rendang sebagai oleh-oleh. Kunjungan ini menjadi kesempatan bagi kita untuk melihat seberapa luas wilayah Indonesia, dan betapa pentingnya kita merawat wilayah kedaulatan kita,” tambah Gubernur.

Sementara itu, Danrem 032/Wbr, Brigjen TNI Rayen Obersyl menekankan bahwa karena kunjungan dilakukan ke daerah yang rawan, maka pilihan titik kunjungan memang terbatas, sehingga hanya Pos Kotis, Pos Kisor, dan Pos Imsum yang dapat dikunjungi.

“Kami telah mempersiapkan segalanya sebelum kunjungan, agar kita dapat mendapatkan manfaat maksimal dari kunjungan ini,” ucap Danrem dalam rapat yang juga dihadiri oleh Kepala Kejati Sumbar Asnawi, Wakapolda Sumbar Brigjen Pol Edi Mardianto, dan Agen Madya Binda Sumbar.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait