Pengurus Karang Taruna Dilantik Pj. Wako Rida Ananda Periode 2022-2027 Kota Payakumbuh

Pengurus Karang Taruna Dilantik Pj. Wako Rida Ananda Periode 2022-2027 Kota Payakumbuh
Pengurus Karang Taruna Dilantik Pj. Wako Rida Ananda Periode 2022-2027 Kota Payakumbuh

TOPSUMBAR – Pengurus Karang Taruna Kota Payakumbuh periode 2022-2027 dikukuhkan oleh Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda di Kantor Wali Kota Payakumbuh, pada Senin, 21 Agustus.

Pengurus Karang Taruna Kota Payakumbuh periode ini dikomandoi oleh Yonaldi, setelah terpilih dalam Temu Karya VI Karang Taruna Kota Payakumbuh yang digelar pada 14 Januari 2021 silam.

Dalam pelantikan itu, hadir Ketua DPRD Hamdi Agus, Unsur Forkopimda, Kepala OPD, pengurus KT kota/kabupaten lainnya se Sumbar, Ketua Organisasi Masyarakat dan Kepemudaan, serta tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya Ketua KT. Kota Payakumbuh Yonaldi mengatakan ini adalah momentum bersejarah yang memberikan kebahagiaan bagi Karang Taruna Kota Payakumbuh, karena telah mendapat pengakuan secara dejure sebagai salah satu organisasi sosial yang berkiprah menjalankan tugas dan fungsi di bidang kesejahteraan sosial.

“Keberadaan karang taruna diharapkan mampu memberi bantuan kepada pemerintah untuk mengentaskan masalah sosial yang sedang dihadapi seperti stunting, ekonomi ekstrem, dan inflasi,” kata Yonaldi.

Yonaldi juga menyampaikan apresiasi kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh yang telah menerbitkan SK pengurus KT Kota Payakumbuh dan memfasilitasi pelantikan hari ini.

“Pelantikan hari ini adalah akhir dari penantian panjang kami, Alhamdulillah melalui tangan dingin Pj. Wako Rida Ananda dengan pandangan yang objektif untuk memajukan Kota Payakumbuh, kami bisa dilantik secara resmi. Kami juga mengapresiasi Majelis Pertimbangan Karang Taruna yang telah membina dan membimbing kami dalam menjalankan organisasi,” katanya.

Sementara itu, Bendahara Umum Karang Taruna Provinsi Sumatera Barat Jen Zuldi mengatakan karang taruna hari ini bukan lagi berfokus pada kompetisi, tapi lebih banyak berkolaborasi. Ada isu sentral problem sosial yang digarap bersama-sama untuk dientaskan. Artinya, ada fokus program karang taruna dalam satu tahun, yang setiap bidangnya memiliki program yang bernas.

“Program tak perlu banyak, yang penting jelas targetnya dan bisa dievaluasi setiap tahun,” ujarnya.

Mengingat Pemilu 2024 tak bakal lama lagi digelar, Jen Zuldi berpesan mestinya keberadaan karang taruna menjadi perekat di tengah-tengah masyarakat. Meskipun banyak pengurus karang taruna yang ikut menjadi peserta pemilu, namun organisasi karang taruna tetap harus dijaga kemurniannya.

“Profesional dalam menjalankan organisasi merupakan bahagian dari proses belajar meningkatkan sumber daya manusia. Kami ucapkan selamat atas pengurus yang sudah dilantik dan kami berharap kepada pemerintah daerah untuk selalu mensupport karang taruna untuk berkegiatan membantu mengentaskan masalah kesejahteraan sosial di masyarakat,” ungkapnya.

Dari sisi Pj. Wako Rida Ananda berharap organisasi kepemudaan lebih banyak punya peran di Kota Payakumbuh. Termasuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam menekan angka kemiskinan, pengangguran, dan kemiskinan ekstrem yang saat ini masih cukup tinggi.

“Isu strategis nasional ini, kami menompangkan kepada karang taruna bagaimana kita semua bisa meningkatkan kesejahteraan sosial. Sementara kami di pemerintah Alhamdulillah telah mempersiapkan anggaran untuk mensupport itu. Saya dan kepala dinas sosial juga akan menjuluk dana ke Kementerian Sosial, mana program yang bisa kita bawa ke daerah,” ujarnya.

Pj. Wako Rida Ananda juga mengapresiasi begitu menggempita kegiatan di setiap kelurahan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI pada tahun ini. Semua unsur bahu-membahu saling support, hampir di semua sudut lapangan dan balai ada kegiatan karang taruna. (Ton)

Pos terkait