Keunikan Suku-suku di Sumatera Barat, Mulai dari Memanggil Jin Hingga Mengukir Tubuh

Suku-suku yang ada di Sumatera Barat. Dok. Topsumbar.co.id

TOPSUMBAR – Apa yang ada di benakmu jika ditanya soal suku? Tentu saja mengenai identitas yang melekat pada seseorang. Nah begitu juga jika berkunjung atau sedang berada di Sumatera Barat, sesama warga Sumatera Barat akan identik menanyakan tentang suku orang lain.

Sebab di Sumatera Barat, suku merupakan identitas sakral yang diterima secara turun temurun dari keturunan ibu (matrilineal). Sementara menurut KBBI suku merupakan identitas bawaan seseorang yang diturunkan sejak lahir.

Di Indonesia yang dikenal dunia karena keindahannya, juga diwarnai oleh beragam suku bangsa yang tumbuh dan berkembang di atasnya. Faktanya Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah suku terbanyak di dunia, termasuk di Sumatera Barat yang dikenal dengan Minangkabau.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman Indonesia.go.id lebih dari 300 jenis kelompok suku di Indonesia, yang dipimpin oleh suku Jawa yang mencapai angka 95,217,002 jiwa dan ditambah suku-suku lainnya. Nah kali ini, akan kita bahas keunikan suku-suku yang ada di Sumatera Barat.

Suku Minangkabau

Suku Minangkabau merupakan suku terbesar yang ada di Sumatera Barat dengan populasi sebanyak 6,462,713 jiwa atau 2,73 persen dari total penduduk di Indonesia. Minangkabau semakin beragam pada awal pembentukan budaya Minangkabau oleh Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih Nan Sabatang, hanya ada empat suku induk dari dua kelarasan. Suku-suku tersebut adalah, Suku Koto, Suku Piliang, Suku Bodi dan Suku Caniago. Kemudian suku-suku Minangkabau terus berkembang hingga mencapai ratusan suku.

Perempuan Minangkabau zaman dahulu bersiap-siap dalam sebuah alek pernikahan. (Foto: Roman Saisuak)
Perempuan Minangkabau zaman dahulu bersiap-siap dalam sebuah alek pernikahan. (Foto: Roman Saisuak)

Suku-suku tersebut yakni:
1. Ampu
2. Andomo
3. Bacin
4. Balaimansiang (Mansiang)
5. Balaigamba
6. Banuampu
7. Baringin
8. Bariang
9. Bapayuang
10. Baraguang
11. Buluhkasok
12. Batupahek
13. Batukambiang
14. Bendang
15. Bicu
16. Bodi
17. Bonuo
18. Chaniago
19. Cupak
20. Dalimo
21. Domo
22. Durian
23. Galapuang
24. Gantiang
25. Guci
26. Gudam
27. Gugun
28. Jambak
29. Kabaru
30. Kalumpang

Pos terkait